Menikmati Wisata Kota Bogor dengan Naik Bus Uncal

Bila Bandung punya bus Bandros, Kota Bogor punya bus Uncal yang diluncurkan tepat saat pergantian tahun 2016 ke 2017. Inilah alat transportasi yang bisa dimanfaatkan para wisatawan untuk berkeliling menikmati Kota Bogor setiap akhir pekan. Bus ini merupakan sumbangan dari Bank BJB. Adapun launching bus wisata ini berbarengan dengan acara penyambutan malam pergantian tahun baru yang dipusatkan di di antara dua icon Kota Bogor Tugu Kujang dan Tepas Salapan.

Selain untuk mendongkrak wisata Bogor, pengoperasian bus wisata ini memiliki konsep untuk mengurangi kemacaran. Wisatawan yang melancong ke Kota Bogor cukup parkir di sekitar Terminal Baranangsiang atau di Botani Square dan menaiki bus Uncal di Balai Kota Bogor. Dengan demikian, diharapkan kendaraan pribadi yang melintas pun akan berkurang.

Bus yang dinamai berdasar nama binatang rusa ini merupakan akronim dari  "Unforgettable City tour at Lovable City", yang berarti tur kota yang tidak akan terlupakan di kota yang paling dicintai. Uncal atau rusa sendiri memang merupakan ikon dari Istana Bogor dimana di area taman salah satu istana kepresidenan RI tersept, uncal-uncal biasa berkeliaran bebas. Adapun penamaannya sendiri berasal dari sayembara yang diumumkan di media sosial. Pemenanngnya adalah Muhamad Ganda Rahmaris.

Berikut ini beberapa informasi seputar bus Uncal:

1. Titik pemberangkatan dan rute Bus Uncal
Untuk tahap awal, bus Uncal beroperasi melintasi jalur sistem satu arah dimulai dari Balai Kota Bogor, Jl. Ir. H. Juanda 10 Bogor, kemudian berkeliling di sekitaran Kebun Raya Bogor yakni melewati:
- Taman Air Mancur (Jln. Soedirman)
- Taman Heulang (Jln. Pemuda)
- Taman Sempur (Jln. Jalak Harupat)
- Taman Kencana (Jln. Salak)
- Tugu Kujang
- Jln. Otto Iskandardinata
- kembali ke Balai Kota Bogor

2.  Reservasi bus Uncal
Pada tahap awal, untuk menaiki bus ini tidak dipungut biaya alias gratis. Bagi wisatawan yang ingin naik, tinggal daftar dan tunggu di titik pemberangkatan (Pemkot Bandung). Untuk naik harus reservasi/booking dulu karena hanya tersedia 25 kursi. Reservasi langsung di Balai Kota Bogor.

3. Jadwal operasional bus Uncal
Bus dioperasikan setiap hari akhir pekan. Untuk jadwal keberangkatan sementara pukul 08.00, 09.30, dan pukul 11.00 WIB.

4. Spesifikasi bus Uncal
- Warna bus didominasi warna biru memiliki desain kepala rusa pada bagian samping bus.
- Sementara pada bagian dalam bus dilengkapi dengan pengeras suara untuk memberikan informasi kepada penumpang.
- Lampu bus juga terlihat elegan.
- Selain itu, ada yang unik dari bus Uncal milik Kota Bogor ini yakni suara klakson bus tersebut, bernada sama seperti suara klakson telolet.
- Bus dibuat tidak bertingkat karena mempertimbangkan topografi dan cuaca Kota Bogor yang sering dilanda hujan dan petir, serta banyaknya jumlah pepohonan.
- Model bus Uncal dirancang dengan dinding terbuka dipagar sehingga penumpang dapat melihat sekeliling saat bus berjalan mengililingi.
-Di dalam bus juga terpampang gambar serta panduan destinasi wisata Kota Bogor.

5. Kapasitas bus
Kapasitas bus Uncal dapat mengangkut 25 penumpang dengan dilengkapi 13 tempat duduk yang satu kursinya mampu menampung dua penumpang berukuran badan sedang.

6.  Penambahan bus
Jumlah bus pariwisata akan ditambah secara bertahap melalui program CSR perusahaan yang ada di Kota Bogor. Setidaknya dibutuhkan enam bus pariwisata yang akan mengakomodir enam wilayah kecamatan di Kota Bogor.

7.  Pengelola bus
Bus dikelola oleh badan hukum koperasi milik Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) yang sudah mengelola bus pariwisata. Selama pengoperasian, biaya operasional akan dibiayai oleh pihak swasta yang menyumbangkan bus tersebut.

Nah, bagaimana Anda tertarik untuk menjajal bus unik tersebut? Silakan datang saja ke Botani Square, Bogor pada akhir pekan. Untuk informasi lebih lanjut seputar bus Uncal silakan cek di akun Instagram @pemkotbogor.

© Copyright 2017 Wisata Jabar