Wisata Jabar

Menikmati Panorama Alam Garut di Papandayan Camping Ground



Inilah destinasi wisata alam yang kini sedang ngehits di Garut. Wisata alam terbuka ini menyajikan sensasi menikmati panorama dan kesejukan alam yang tak terlupakan. Tempat wisata adventure ini pun sangat cocok buat rekreasi keluarga, gathering, yang hobi backpacker, atau kumpul bareng teman-teman. Nama tempat wisata di alam terbuka ini Papandayan Camping Ground (PCG). Area perkemahan yang berjarak kurang lebih 33 km dari pusat kota Garut ini berdiri pada April 2016.

Menikmati panorama Garut dari ketinggian
Berlokasi di Kampung Nangklak, Kecamatan Cisurupan (dekat dari pintu masuk Gunung Papandayan) Papandayan Camping Ground sangat pas buat niis alias rehat sejenak dalam buaian kesejukan alam nan hijau. Sementara bagi yang suka foto-foto panorama alam, bisa sepuasnya juprat-jepret di sini. Apalagi saat malam hari, inilah spot terbaik bagi yang ingin melihat citylight kota Garut pada malam hari. Lalu, bagi yang hobi kukurusukan alias blusukan ke pegunungan bisa melanjutkan pendakian ke Gunung Papandayan.

Namun, bagi yang ingin rekreasi sambil menikmati keindahan alam bisa kemping di sini. Untuk urusan berkemah tidak terlalu ribet, bagi yang bawa tenda hanya dikenakan biaya sewa lahan sebesar Rp100.000. Sementara bagi yang ingin tahu beres, tinggal sewa fasilitas  tenda dengan tambahan fasilitas penunjang seperti sleeping bag, kasur busa, dan lampu LED lamp.

Adapun beberapa pilihan untuk pengunjung berkemah di antaranya ada tenda dome dengan fasilitas yang disebutkan di atas dan biaya sewanya Rp250.00 yang berkapasitas empat orang. Ada pula cabin house dengan kapasitas 3-4 orang dengan harga sewa Rp350.000 dan ada juga rumah pohon kapasitas 4-6 orang  dengan biaya sewa Rp550.000. Untuk fasilitas seperti kamar mandi, toilet, dan warung-warung tenang saja, tersedia lengkap di sni.

Bagi yang menginap dengan pasukan lebih banyak, bisa menyewa tenda dome yang bisa memuat 10 orang seharga Rp600.000. Di setiap tenda/penginapan disediakan tungku untuk menghangatkan badan. Harga kayu bakarnya Rp10.000/ikat. Sementara Bagi yang mau foto prewedding, cukup bayar Rp150.000. Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Akses ke Papandayan Camping Ground
Kendaraan pribadi
Keluar pintu tol Cileunyi - Rancaekek - Cicalengka - Nagreg belok kanan ke arah Garut - ke arah Kecamatan Cisurupan.

Angkutan umum:
Dari Bandung naik bus ke Terminal Guntur Garut - naik angkutan umum ke arah Kecamatan Cisurupan - plang Kecamatan Cisurupan - naik ojek ke Papandayan Camping Ground dengan menaiki.

Kontak:
- Telepon: 0813-800-22-871
- WhatsApp: 0813-800-22-871