Wisata Jabar

Galeri Menong, Sentra Oleh-Oleh Khas Purwakarta




Dalam sektor wisata, Purwakarta memang benar-benar fokus untuk menarik kunjungan para pelancong. Hal ini dibuktikan dengan pembenahan objek-objek wisata, penataan taman, pengembangan sentra kuliner, hingga menghadirkan pusat oleh-oleh khas Purwakarta. Dan tempat-tempat wisata pun kini mulai jadi primadona para wisatawan seperti Air Mancur Sri Baduga juga taman-taman yang berada di beberapa titik di Purwakarta.

Tak lengkap rasanya bila berwisata ke Purwakarta tak membawa buah tangan. Kini, bagi Anda yang ingin  beli oleh-oleh dari Purwakarta bisa berkunjung ke Galeri Menong. Sentra oleh-oleh ini diresmikan oleh Wakil Bupati Purwakarta Dadan Koswara pada Selasa (20/12/2016). Nama Galeri Menong sendiri diberikan oleh Ketua Dekranasda Kab. Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika Mulyadi, yang tak lain istri Bupati Dedi Mulyadi.

Aneka kerajinan dan olahan makanan khas Purwakarta
Sentra oleh-oleh khas Purwakarta hasil Usaha Kecil Menengah (UKM) Purwakarta, berada di pusat kota, tepatnya di Jln. Veteran, samping Polres Purwakarta. Di tempat pusat oleh-oleh ini, para wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta bisa menikmati dan membeli olahan makanan tradisional khas Purwakarta seperti cemilan simping kaum, kicimpring, semprong, dan lainnya. Selain itu, di sini pun dijajakan aneka kerajinan tangan khas Purwakarta seperti menong, gerabah keramik pot bunga, t-shirt, batik khas Purwakarta, dan suvenir lainnya.

Menong, si "budak geulis"
Pusat jajanan dan suvenir tersebut diproyeksikan menjadi pusat pengembangan dan pemasaran kerajinan Purwakarta. Wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta dapat dimudahkan mendapatkan oleh-oleh di Galeri Menong. Sementara terkait nama "Menong", ini berasal dari kerajinan patung tanah liat  yang merupakan ikon dari Plered. Urang Purwakarta juga menyebut patung tersebut dengan sebutan budak geulis alias anak cantik.

Menong digambarkan sebagai perempuan cantik dengan kulit kuning langsat. Bibirnya kecil, alisnya panjang dan di kepala terdapat semacam mahkota menyerupai Sigar (mahkota khas pakaian adat Lampung). Selama ini Menong biasa jadi cinderamata atau oleh-oleh khas Plered, Purwakarta.

Sementara untuk produk yang ada di galeri ini cukup selektif. Harus beda standar. Semua mulai dari packaging maupun kualitas produk harus benar-benar yang terbaik yang dipromosikan. Galeri Menong ini diharapkan mampu menjadi etalase produk-produk kreatif dan kerajinan dari pelaku usaha UMKM di Purwakarta.