Wisata Jabar

Pameran Usaha Pariwisata dan Pagelaran Seni Budaya di Tahura




Pariwisata terus bergerak menjadi sektor andalan untuk bangkitnya perekonomian daerah dan masyarakat. Sektor pariwisata mampu menggerakkan potensi alam di suatu wilayah, UMKM, pelaku seni budaya, media massa, juga jejaring lainnya. Pemerintah pun kian gencar mengangkat pariwisata sebagai sektor andalan dalam pembangunan daerah. Salah satunya yang kegiatan Pameran Pariwisata dan Pagelaran Seni Budaya yang dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda, Dago, Bandung pada Minggu (11/12/2016).

Pameran Pariwisata dan Pagelaran Seni Budaya yang dibuka pukul 08.30 WIB dihadiri oleh masyarakat umum. Kegiatan pameran tersebut diadakan oleh Ini Disparbud di difasilitasi oleh pihak Tahura. Pihak-pihak yang berhubungan dengan industri pariwisata dari Kabupaten maupun Kota hadir dalam kegiatan tersebut.

"Pariwisata merupakan sektor ekonomi yang lebih stabil dan bahkan bisa naik dibanding sektor lain. Dan pariwisata di Jabar memiliki ragam keunikan dari seni, budaya, juga sumber daya alam yang menguntungkan masyarakat," ungkap Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Diikuti 14 kabupaten/kota
Pameran usaha pariwisata dan pertunjukan seni budaya ini diikuti 14 kabupaten/kota dan Kelompok Penggerak Pariwisata se-Jabar yang terdiri dari 27 stand. Stand-stand terdiri dari penjual suvenir, produk wisata, hingga usaha wisata seperti tour dan tavel.

Untuk meramaikan pameran, pengunjung umum bisa bebas masuk ke pameran tersebut. Salah satu daya tarik kunjungan pariwisata Jawa Barat adalah pagelaran seni dan budaya daerah yang sangat beragam yang dimiliki oleh masing-masing daerah di Jawa Barat. Event ini pun diramaikan dengan pagelaran seni tradisional Jawa Barat yang dilaksanakan antara lain di Gedung Rumentang Siang dan Gedung Pengembangan Pusat Kebudayaan Jawa Barat (Gedung YPK). 

"Selain Promosi budaya dan pariwisata, kegiatan ini pun bertujuan mengajar peran serta masyarakat dalam pembangunan pariwisata. Apalagi Jabar memili potensi seni budaya beraneka ragam yang memiliki filosofi luhur dan daya tarik luar bisa. Jabar sendiri mempunyai 25 lebih seni budaya yang bisa dikembangkan oleh pemerintah dan masyarakat," kata Kepala Disparbud Jabar Ida Hernida.

Pameran ini diikuti oleh semua pelaku usaha pariwisata khususnya di daerah Jawa Barat. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Selain itu kegiatan ini bertujuan mengoptimalkan seni dan budaya sebagai aset daerah untuk mendukung pengembangan kepariwisataan Jawa Barat dalam bingkai kearifan lokal.