Wisata Jabar

Leuwi Jurig, Potensi Wisata Alam di Bungbulang, Garut, yang Menunggu Sentuhan





Nama tempat wisata di daerah Bungbulang, Kab. Garut ini mulai ngehits terutama di kalangan anak muda. Para anak muda banyak yang menyambangi wisata alam ini dan mempostingnya di media sosial. Wisata alam Garut yang mulai naik pamor ini namanya Leuwi Jurig. Keasrian dan keindahan alam masih terjaga dengan diapit bebatuan, aliran air nan jernih menyajikan pesona luar biasa.

Air sungai yang diapit bebatuan raksasa tersebut termasuk dangkal dan berwarna jernih kehijauan. Di sini pun, wisatawan bisa berenang dan berfoto dengan backgroun keindahan Leuwi Jurig. Leuwi Jurig berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Tempat ini tidak jauh dari Sasak Rumpit (Jembatan Rumpi) setelah PLTMH Cirompang Bungbulang.

Sungai ini memiliki panjangnya sekitar 500 meteran. Untuk saat ini, belum ada tiket retribusi untuk berkunjung ke sini. Untuk akses ke objek wisata alam ini, pengunjung bisa masuk melalui gapura yang ada sebelum jembatan. Akses lainnya bisa lewat atas yakni jalan setapak setelah jembatan dan menyeberangi sungai. Keindahan tempat ini sepertinya siap-siap menjadi pesaing Grand Canyon alias Cukang Taneuh yang ada di Pangandaran.

Air sungai Leuwi Jurig selain dangkal juga berwarna jernih kehijauan sehingga tidak membahayakan jika berenang. Namun sebaliknya saat musim penghujan sebaiknya harus sangat hati-hati karena aliran air bisa sangat deras. Penduduk setempat biasa menjadikan kawasan ini untuk penambangan pasir.

Dan kini tempat ini sedang menunggu pembenahan dan pengelolaan untuk dijadikan lokasi wisata unggulan di Kab. Garut. Pihak Disparbud Garut pun sudah menyurvei tempat ini dan diharapkan ada investor yang bersedia untuk memberdayakan lokasi wisata alam di Garut ini. Dengan adanya pengelolaan dan pembenahan dari pihak terkait, diproyeksikan selain bisa mengangkat potensi wisata Garut, objek wisata ini pun bisa mendukung perekonomian masyarakat setempat.