Wisata Jabar

Jelajah Tempat Wisata Belanja Pakaian di Bandung




Untuk urusan belanja, Bandung merupakan surganya para wisatawan yang ingin belanja aneka fashion, oleh-oleh makanan ringan, hingga souvenir. Sentra belanja tersebut biasanya ada juga yang satu paket dengan tempat wisata. Biasanya di tempat wisata atau hotel ada gerai khusus untuk tempat belanja souvenir dan aneka makanan kering, misalnya di Grafika Cikole, Sapu Lidi, Floating Market Lembang, atau di kawasan wisata Ciwidey.

Nah, bagi Anda yang akan menghabiskan liburan di Bandung beberapa tips dan rekomendasi berikut mungkin bisa membantu Anda yang ingin berbelanja.

Persiapkan Akomodasi
Untuk tips awal adalah urusan transportasi. Bagi yang bawa kendaraan pribadi, ada baiknya tentukan jalur untuk menuju ke tempat belanja tersebut. Maklum saja, beberapa jalur jalan raya di seputaran Bandung sekarang-sekarang ini kerap disergap kemacetan. Anda bisa memilih waktu yang tepat atau dibantu dengan menggunakan aplikasi situasi jalan raya melalui smartphone Anda.

Sedangkan untuk pengguna kendaraan umum, ada baiknya Anda gunakan jasa layanan mobil rental atau motor ojek wisata/ojek online. Jangan sampai Anda habiskan waktu dan menguras stamina di jalan hanya karena terjebak kemacetan dari satu lokasi ke lokasi lain. Jangan lupa, untuk menjelajah nama-nama tempat yang disebutkan di sini, Anda bisa gunakan Google Maps biar tidak kesasar dan Anda pun bisa menentukan rute mana saja yang bisa Anda tempuh untuk efisiensi waktu.

Lokasi Belanja Pakaian di Bandung

Sentra Belanja Pakaian di Bandung Utara
Lalu, tentukan pilihan Anda: apakah ingin membeli pakaian, souvenir, atau oleh-oleh makanan. Untuk belanja pakaian, ada beberapa factory outlet dan sentra distro/clothing yang bisa Anda sambangi di daerah Bandung Utara, antara lain di Jalan LLRE Martadinata (Jln. Riau), Jalan Cihampelas, Jalan Ir. H. Juanda (Jln. Dago), sentra distro di Jln. Trunojoyo, ataupun di Jalan Setia Budhi (Jln. Ledeng).

Ini pula yang harus Anda perhatikan karena tempat-tempat tersebut termasuk jalur sibuk dan lahan parkir pun kadang terbilang susah karena sempit. Namun untuk kawasan ini pun menyajikan wisata kuliner yang biasa terintegrasi dengan factory outlet (FO). Jadi, Anda tidak perlu capek-capek untuk cari makanan atau aneka makanan ringan untuk oleh-oleh.

Sentra Belanja Pakaian di Bandung Tengah
Sementara untuk tempat belanja di kawasan Bandung Tengah ada Pasar Baru yang sudah dikenal di kalangan wisatawan. Pasar Baru pun dikenal dengan one stop shopping, dimana di sini pun merupakan tempat kuliner dan sentra oleh-oleh Bandung. Inilah tempat wisata belanja di Bandung yang sudah dikenal hingga mancanegara, khususnya favorit wisatawan asal Malaysia dan Singapura.

Dekat dengan Pasar Baru di arah timur (dekat Taman Alun-Alun/Masjid Raya Bandung), ada Parahyangan Plaza yang dikenal sebagai pusatnya distro atau pakaian clothing. Di Parahyangan Plaza ada ratusan gerai yang menjual aneka kaos (t-shirt), jaket, topi, dll. Untuk di kawasan Alun-Alun Bandung memang banyak juga gerai lainnya yakni ke arah selatan dari Taman Alun-Alun Bandung (ke arah Terminal Kebon Kalapa).

Sentra Belanja Pakaian di Bandung Selatan
Salah satu tempat belanja sandang yang dikenal di kawasan Bandung Selatan ada di daerah Jln. Buah Batu. Di sini, berjejer aneka gerai busana muslimah branded, seperti Shafira. Di sini pun ada gerai distro yang sedang ngehits yakni Greenlight. Salah satu kelebihan tempat belanja ini, juga terintegrasi dengan kawasan wisata kuliner. Anda bisa belanja kue Kartika Sari, Prima Rasa, makan di Warung Makan Ampera, Warung Upnormal, atau aneka tempat kuliner ala fast food.

Tempat wisata belanja lainnya di kawasan Bandung Selatan pasti tak asing lagi yakni sentra sepatu Cibaduyut. Kawasan Jln. Cibaduyut ini tak jauh dari Terminal Leuwipanjang. Malah, Anda bisa berjalan kaki ke arah Cibaduyut atau menggunakan ojek maupun becak dari terminal tersebut. Selain sepatu, di Cibaduyut pun sekarang sudah banyak penjual aneka pakaian, khususnya kaos khas Bandung serta penjual aneka kuliner.

Masih kurang puas? Anda bisa menjelajah belanja sandang ke arah Sentra Tekstil Cigondewah. Dari Terminal Leuwipanjang ke arah Jln. Kopo bisa masuk dari Jln. Caringin atau Jln. Cirangrang dan menuju Cigondewah Rahayu - Cigondwah Kaler - Cigondewah Kidul. Untuk akses bisa juga dari keluar tol Pasirkoja - belok kanan, lalu 200 meteran belok kanan lagi ke Perumahan Sumbersari - Jln. Holis - Cigondewah.

Selain menjual aneka kain murah kiloan dan meteran, di Cigondewah pun menjual aneka pakaian muslimah dan kaos. Dekat Cigondewah pun ada tempat belanja sentra tas di Jln. Sadang (Blok Ransel) dan dekat jalan tersebut ada juga sentra penjual dan produksi topi di sepanjang Jalan Sindang Palay - Rahayu. Tips untuk belanja di kawasan sentra tekstil ini pandai-pandailah memilih barang dan jangan sungkan untuk menawar barang dengan tawaran super miring.

Sentra Belanja Pakaian di Bandung Barat
Untuk tempat belanja di kawasan Kota Bandung sebelah barat ada Pasar Andir. Ini merupakan "saingan" dari Pasar Baru. Pasar Andir memang tak semegah Pasar Baru bahkan terkesan agak kumuh. Namun untuk kualitas dan harga aneka produk fashion berandi diadu dengan yang ada di Pasar Baru. Untuk akses, dari Alun-Alun Bandung ke arah barat melewati Jln. Asia Afrika - Jln. Sudirman - Pasar Andir (dekat Pasar Ciroyom).

Salah satu kelemahan tempat ini, tempat parkir yang agak sulit dan Anda harus siap berdesak-desakan karena sempitnya lokasi karena banyaknya jongko. Dan pasar ini memang termasuk pasar tradisional yang memang berbaur dengan dagangan lainnya, seperti pedagang sayuran.