Wisata Jabar

Inilah Cara Mengikuti Lomba Film Pendek di Festival Film Jawa Barat (FFJB) 2016




Tak dapat dipungkiri, Jawa Barat adalah barometer film nasional. Bicara film, Kota Bandung sendiri dikenal sebagai cikal bakal berkembangnya dunia film Indonesia. Sejak zaman kolonial, di Kota Bandung telah berdiri beberapa bioskop. Seiring laju zaman, geliat dunia film pun berkembang dengan hadirnya komunitas Forum Film Bandung yang rutin menggelar Festival Film Bandung (FFB).

Festival Film Jawa Barat (FFJB) 2016
Kini, apresiasi dan kreasi dunia film di Jawa Barat pun bertambah dengan hadirnya Festival Film Jawa Barat (FFJB). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kembali menyelenggarakan Festival Film Jawa Barat (FFJB). Perhelatan bagi insan film ini menjadi yang kedua kalinya diadakan. Berbeda dengn Festival Film Bandung (FFB), film yang dilombakan dalam FFJB adalah film independen dengan durasi pendek.

Hadiah FFJB 2016
Festival Film Jawa Barat (FFJB) 2016 akan digelar tahun ini  Sebagai bentuk apresiasi dari karya-karya yang nantinya hadir dalam FFJB, para pemenang akan mendapat hadiah berupa trofi dan uang tunai sebesar Rp15 sampai Rp30 juta. Nilai hadiah tersebut lebih besar dari Festival Film Indonesia (FFI). Nilai hadiahnya yakni: film terbaik 30 juta, sutradara terbaik 20 juta, penata kamera terbaik Rp15 juta, penulis cerita terbaik Rp15 juta, poster film terbaik Rp15 juta, video musik terbaik Rp15 juta, nominasi film dan video musik masing-masing Rp7,5 juta.

Persyaratan dan Tata Cara Mengikuti Lomba Film Independen FFJB 2016
Kegiatan ini bisa menjadi ruang ekspresi bagi para pembuat film independen di Jawa Barat. Diharapkan dalat menumbuhkan spirit kreatif para sineas film pemula maupun profesional di Jawa Barat, dan memberikan apresiasi maupun inspirasi kepada masyarakat peminat film di Jawa Barat.

Berikut ini informasinya:
1. Para sineas dapat mengirimkan karyanya untuk dilombakan. Sesuai dengan tema 'Kebebasan Menembus Batas' maka peserta yang boleh ikut tidak dibatasi usia. Festival ini terbuka untuk warga Jawa Barat yang merupakan pelajar/mahasiswa, komunitas film, pembuat film, penggemar film, dan masyarakat umum.

2. Peserta diperbolehkan mengirimkan sebanyak-banyaknya karya. Termasuk tahun produksi yang juga tidak dibatasi serta karya yang sudah pernah mengikuti festival lain pun boleh diikutsertakan.

3. Masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat mendaftar ke Badan Koordinasi Pemerintah Provinsi (BKPP) di empat wilayah atau via alamat dan kontak panitia yang ada di bawah. Di BKPP akan diseleksi nominasi terbaik yang akan dilombakan pada FFJB 2016. Dalam tingkat BKPP, film-film yang terpilih akan mendapat kesempatan untuk mengikuti acara Pemutaran Film Peserta di masing-masing wilayah BKPP selama 2 hari. Tiga film nominasi dan satu video musik di tiap tingkat BKPP akan memperoleh penghargaan sekaligus berkompetisi kembali di tingkat provinsi.

4. Para pemenang di tingkat Jawa Barat akan memperebutkan penghargaan dalam enam kategori. Yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Cerita Terbaik, Penata Kamera Terbaik, video musik Terbaik dan Poster Film Terbaik.

5. Pendaftaran yang dimulai sejak 24 Agustus dan akan ditutup pada 20 Oktober 2016. Karya yang dikirim maksimal berdurasi maksimal 23 menit.

Melalui, FFJB diharapkan insan film Jawa Barat bisa ikut serta dalam festival film tingkat nasional hingga internasional. FFJB juga diharapkan bisa menjadi event nasional yang bisa diikuti para pelaku film dari seluruh Nusantara. Untuk kali ini dan tahun sebelumnya, FFJB hanya untuk peserta yang berasal dari Jawa Barat.

FFJB pun mendapat dukungan dari Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. Pemeran Naga Bonar tersebut mengungkapkan bahwa FFJB bisa dijadikan peluang bagi generasi muda di Jawa Barat untuk berkarya sekaligus menjadi sarana atau ruang ekspresi. Sebagai ruang ekspresi, Wagub memfasilitasi kegiatan ini.

Jadwal Roadshow FFJB 2016
Jadwal roadshow screening film peserta FFJB 2016:
1. Tanggal 03 - 04 Oktober 2016, pukul 14.00 - 18.00 WIB di Kampus Unisma, Jl. Cut Meutia No.83, Bekasi
2. Tanggal 07 - 08 Oktober 2016 di Gedung Juang, Sukabumi
3. Tanggal 11 - 12 Oktober 2016 di Gedung Bale Paminton Inten Dewata, Kab. Garut
4. Tanggal  15 - 16 Oktober 2016 di Gedung Kesenian Raksa Wacana, Kab. Kuningan
5. Tanggal  19 - 20 Oktober 2016 di Gedung BITC, Kota Cimahi

Untuk info lebih lengkap, silakan hubungi kontak dan akun media sosial di bawah ini:

Sekretariat Festival Film Jawa Barat (FFJB) 2016
Taman Budaya Jawa Barat (Dago Tea House)
Jln.Bukit Dago Utara No.53, Dago, Bandung
Telepon: 0813-1039-6203