Wisata Jabar

Tanjung Duriat, Menikmati Romantisme Keindahan Waduk Jatigede Sumedang




Senin, 31 Agustus 2015, Waduk Jatigede di Sumedang mulai dilakukan pengairan. Pengisian waduk seluas 5.000 hektare itu diperkirakan memakan waktu sampai satu tahun, dengan ketinggian air maksimal sekitar 260 meter. Waduk kedua terbesar setelah Waduk Jatiluhur tersebut diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono. Waduk Jatigede akan mampu mengairi lahan seluas 90.000 hektare lebih, sekaligus menjadi penyediaan air baku untuk wilayah Cirebon, Majalengka, Sumedang dan Indramayu.

Waduk Jatigede memiliki fungsi antara lain: untuk perairan di Kabupaten Sumedang dan sekitarnya; Sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) sebesar 110 Megawatt; pengendalian banjir seluas 14 ribu hektare;  sebagai tempat wisata di Kabupaten Sumedang. Sebagai salah satu destinasi wisata Sumedang, di area Waduk Jatigede mulai bergeliat beberapa objek wisata, salah satunya Tanjung Duriat.

Tanjung Kasih Sayang
Spot Tanjung Duriat berada Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu dimana tanahnya berada di ketinggian. Tempat ini cocok untuk sebagai area pandang melihat luasnya Waduk Jatigede. Jika di Cisema mempunyai konsep wisata air, di Tanjung Duriat merupakan tempat wisata yang memperlihatkan sebuah pemandangan Waduk Jatigede.  Sesuai namanya Tanjung Duriat bermakna tanah yang menjorok ke perairan yang bersuasana penuh cinta/kasih sayang (Sunda = duriat). Tak heran tempat ini semakin ngehits di kalangan netizen. Banyak netizen yang berkunjung ke tempat rekreasi ini untuk menikmati keindahannya dan berfoto-foto.

Di tempat wisata ini pun terdapat spot berupa plang dengan tulisan "Tanjung Duriat" berwarna merah dengan di antara dua kata ada simbol love. Inilah spot wisata yang menyajikan sisi romantisme objek wisata Waduk Jatigede. Tempat wisata ini berdiri di lahan Perum Perhutani, hasil kerja sama antara Perum Perhutani KPH Sumedang dengan LMDH Desa Pajagan.

Tarif dan Rute ke Tanjung Duriat
Tempatnya sangat nyaman dan strategis tidak cukup panas dan pemandangan Waduk Jatigede terlihat jelas. Untuk biaya masuk, pengunjung hanya membayar tiket masuk Rp 5000 dan tarif parkir Rp2000 untuk sepeda motor dan Rp5000 untuk mobil. Untuk akses ke Tanjung Duriat, sebelum Puncak Damar belok kiri ke arah bendungan melewati Jln. Pajagan. Tempat ini sangat cocok untuk mengabadikan keindahan Waduk Jatigede ataupun untuk latar berselfie ria.