Wisata Jabar

Replika Patung T-Rex Hiasi Taman Otten, Kota Bandung





Satu lagi patung dinosaurus "menghuni" taman di Bandung. Sebelumnya patung dinosaurus berjenis T-Rex berada di Taman Lansia yang tak jauh dari Gedung Sate. Keberadaan patung T-Rex di Taman Lansia tersebut merupakan "usiran" dari Taman Alun-Alun Ujungberung.

Replika patung hewan buas dari zaman prasejarah tersebut pernah dipasang di Alun-Alun Ujungberung. Namun karena banyakna penolakan dari aktivis dan seniman Ujungberung, akhirnya si patung dinosaurus tersebut diangkut dan dipindah ke Taman Lansia.

Kini, "saudara" patung dinosaurus tersebut ada pula di Taman Otten. Taman Otten sendiri lokasinya dekat Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Patung yang berbahan dasar baja tersebut dibuat sebagai kado ulang tahun untuk Kota Bandung dari alumni Institut Teknologi Bandung angkatan 1981. Replika Tiranosaurus atau Tyrannosaurus rex (T-Rex) tersebut memiliki tinggi sekitar 3 meter dengan panjang sekitar 6 meter.

Sebelumnya, replika T-Rex ini dipamerkan saat acara Pasar Seni ITB, kemudian diberikan kepada Pemkot Bandung. Replika T-Rex sengaja ditempatkan di Taman Otten karena kawasan tersebut merupakan salah satu kawasan pintu masuk ke Kota Bandung. Dengan demikian, ketika wisatawan yang datang ke kota Bandung yang keluar dari exit gate tol Pasteur akan disambut patung hewan purbakala tersebut.

Dalam pengerjaannya, konstruksi patung tersebut dibuat dari besi dan dirakit terlebih dahulu. Kehadiran hiasan kota tersebut diharapkan  dapat menjadi daya tarik baru bagi masyarakat untuk berkunjung ke Taman Otten.