Wisata Jabar

Profil dan Lokasi Taman-Taman yang Ada di Kota Bandung (2)




Berikut ini profil dan lokasi taman-taman lainnya yang ada di Kota Bandung, baik yang dikelola Pemkot maupun pihak swasta.

11. Taman Skateboard
Taman Skateboard  tempat bermian skateboard masih satu kompleks dengan Taman Jomblo, dan Taman Film yang berada di Kompleks Taman Pasupati. Tepatnya di bawah jalan layang Pasupati di kawasan Jalan Tamansari dan Balubur.

12. Taman Burung Pramestha Bird Pavillion
Wisata taman burung Pramestha Bird Pavillion terletak di Jln. Akaza Utama no. 9 Pramestha Resort Town Dago Giri, Bandung. Lokasinya sekitar 5 km dari Sheraton Hotel Dago atau sekitar 15 menit dari Dago Commercial Area. Jika Anda keluar dari tol Pasteur, bisa mengambil jalur alternatif melalui jalur ke Jln. Ir. H. Juanda sampai terus ke arah Dago Giri. Bisa juga diakses dari Lembang melalui Jln. Dago Giri.

13. Taman Peta Park
Lokasi taman ini tepatnya berada di antara Perumahan Bumi Kopo Kencana dan Mall Festival Citylink. Jika dari arah perempatan Jln. Peta ke arah kiri menuju Pasar Burung Sukahaji. Rutenya: Perempatan Jln. Kopo - Jln. Peta ambil ke arah barat - melewati Hotel Grand Pasundan ke arah Perumahan Bumi Kopo Kencana - Padepokan Seni Mayang Sunda - Mall Festival Citylink. Angkot yang lewat sini Cibaduyut - Karangsetra (warna kuning).

14. Taman Alun-Alun Ujungberung
Taman di depan Masjid Agung Ujungberung ini diresmikan Walikota Bandung Ridwan Kamil, Minggu 14 Juni 2015. Taman ini menjadi ruang publik untuk aktivitas warga Ujungberung yang kental dengan potensi seni budaya khas setempat. Ruang terbuka di kawasan Bandung timur ini dilengkapi banyak fasilitas, area barmain, taman bunga, panggung hiburan, dan lampu-lampu yang atraktif menyala indah di malam hari.

15. Taman Tegallega
Taman yang dikenal dengan Taman Tugu Bandung Lautan Api ini termasuk ruang publik paling "sepuh" di Bandung. Taman di seberang Museum Sri Baduga ini biasa menjadi area publik untuk jogging di hari Minggu juga lokasi ragam event yang menampung ribuan orang. Taman ini akan direvitalisasi, dimana lantai lapangan upacara yang saat ini masih paving block akan diganti menggunakan batu granit juga akan ada amphiteater.

16. Taman Teras Cikapundung
Lokasinya di kawasan Babakan Siliwangi (Baksil) yang dekat dengan gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Adapun konsep ekologi di tempat ini yakni dengan adanya perpaduan dengan alam hijau yang selama ini dikenal jadi ciri Babakan Siliwangi.

17. Taman Lalu Lintas
Taman Lalu Lintas berada di Jalan Belitung No. 1 Bandung. Taman yang dikenal juga dengan nama Taman Ade Irma Suryani Nasution ini tempat pas untuk sang anak mengenal kelalulintasan. Di sini anak-anak akan bisa menikmati berkendaraan dengan sepeda atau kendaraan mini di jalur buatan. Di taman yang dekat dengan SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung ini dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas.

18. Taman Ganesha
Taman ini berada di sebelah Masjid Salman ITB. Ukurannya tak begitu luas namun taman ini sangat asri karena ditumbuhi banyak tetumbuhan sehingga tampak hijau.

19. Taman Inklusi (Taman Maluku)
Taman seluas 400 meter persegi ini terletak di Taman Maluku (dekat GOR Saparua/Jln. Aceh - Jln. Saparua).  Taman Inklusi khusus dipersembahkan  bagi para kaum disabilitas. Taman ini merupakan  salah  satu  fasilitas publik yang  dibangun  sebagai bagian  dari  upaya menjadikan Kota Bandung  sebagai  kota  tanpa diskriminasi. Sehingga,  Bandung  menjadi city  for  all,  tanpa perbedaan. Karena diperuntukan bagi kaum disabilitas.

20. Taman Active Park
Taman Active Park terletak di kawasan Jalan Supratman, Bandung. Hadirnya taman ini merupakan salah satu program untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Program ini diinisiasi Coca-Cola Indonesia sejak tahun 2013 lalu dan berkolaborasi dengan pemerintah, swasta, perhimpunan dokter dan komunitas.

21. Taman Gesit
Taman ini berada di Jalan Dipatiukur Kota Bandung. Taman yang mengusung konsep green dan aktif ini, dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang bisa digunakan oleh masyarakat.

22. Taman Superhero
Terletak di Jalan Bengawan dan Jalan Anggrek dengan luas sekitar 600 meter persegi. Taman Superhero biasa menjadi kawasan ruang publik untuk para orangtua mengasuh anak anak. Anak-anak tersebut terlihat banyak yang sekadar bermain maupun berfoto-foto bersama orang tuanya. Mereka bergiliran berfoto di tokoh superhero favorit mereka.

23. Taman Baksil
Taman Babakan Siliwangi alias Taman Baksil tidak jauh dari Teras Cikapundung. Taman hutan kota ini bakal ditata  dengan hadirnya skywalk sepanjang dua kilometer yang menyambung di sekelilingnya.