Wisata Jabar

Wisata Air Terjun Paling Ngehits di Bandung Utara




Wisata air terjun di kawasan Bandung utara kini menjadi primadona para wisatawan. Tempat wisata ini bukan berada di Kota Bandung namun berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Objek wisata curug (air terjun) tersebut berada di beberapa titik terutama di kawasan Parongpong (Lembang). Berikut ini beberapa objek wisata air terjun kawasan Bandung Utara yang lagi ngehits di kalangan wisatawan dan netizen.

1. Curug Pelangi (Curug Cimahi)
Inilah lokasi air terjun yang sangat ngehits dan menjadi destinasi wisata favorit. Lokasi Curug Pelangi atau Curug Cimahi Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.intu masuk Curug Cimahi terletak tepat di sebelah Terminal Angkot Cisarua, tepatnya di pinggir Jalan Kolonel Masturi. Saat sampai pintu gerbang,  pengunjung bisa biasa berjalan kaki menyusuri jalan setapak berundak yang menurun dan berkelok-kelok.

Jalan setapak berundak ini (berjumlah sekitar 587 buah anak tangga) terbuat dari batu dan semen dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Tiket masuk siang sampai pukul 17.00: Rp. 12.000,-/orang. Adapun untuk tiket masuk dari pukul 17.00 - 21.00: Rp. 15.000,-/orang. Adapun tempat parkir dekat pintu gerbang.

Akses ke Curug Pelangi
a. Jalur Cimahi melalui Cihanjuang dan Parongpong, dan jalur Lembang.
b. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa menempuh rute menyusuri jalur Cihideung menuju Cisarua. Dan bila dari pusat kota Cimahi dapat melalui Jln. Kol. Masturi ke arah Universitas Advent Indonesia menuju ke Terminal Parongpong (dekat kawasan Ciwangun Indah Camp).
c. Bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan jasa angkutan umum dengan jurusan Ledeng-Sukasari dari terminal Ledeng. Setelah sampai di Terminal Sukasari (di depan Vila Istana Bunga), dapat diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit atau dapat memanfaatkan jasa angkutan umum Cisarua-Lembang dengan ongkos yang relatif murah. Jika dari kota Cimahi jalan termudah adalah dari Terminal Pasar Atas Cimahi jurusan Cimahi-Cisarua.
d. Jika dari Kota Bandung, bisa menggunakan angkutan jurusan St.Hall-Lembang dari Stasiun Kota, kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum jurusan Lembang-Cisarua, dan turun persis di depan pintu gerbang Wana Wisata Curug Cimahi. Atau juga dperjalanan dapat ditempuh menuju terminal Ledeng, dilanjutkan dengan angkutan Ledeng-Parongpong. Dari terminal dilanjutkan memakai angkutan jurusan Parongpong-Padalarang.

2. Curug Bugbrug
Tak jauh dari Curug Pelangi ada Curug Bugbrug yang berlokasi wisata dekat Ciwangun Indah Camp (CIC). Di bawah curug terdapat kolam sedalam tiga meter dengan air yang cukup jernih. Akses menuju Curug Bugbrug bisa dari: Curug Cimahi yakni dengan berjalan ke arah timur dan dekat jembatan berbelok ke arah utara menyusuri jalan setapak, melewati ladang-ladang dan perkebunan selada air. Bisa juga dari jalur Villa Istana Bunga, dari belakang Villa Isana Bunga jaraknya kurang lebih 300 meteran (terlebih dahulu melewati jalan besar dan setapak).

Akses lainnya bisa dari Jalur Komando (dekat Dusun Bambu). Bagi yang ke sini membawa motor, titipkan saja di sini/dekat masjid. Butuh waktu sekitar 30 menit jalan kaki untuk ke lokasi Curug Bugbrug. Untuk tiket masuk, siapkan saja uang Rp. 7.500 (plus parkir motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000). Untuk fasilitas ada saung, mushola, dan WC yang alakadarnya.

3. Curug Layung
Curug ini berada di bagian paling hulu aliran Sungai Cimahi. Dimana "adik-adiknya" ke arah hilir ada: Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi (Curug Pelangi), Curug Panganten, dan Curug Lalay. Rute ke lokasi wisata air terjun ini  dari arah Bandung bisa dari jalur Jln. Setiabudhi (seberang Terminal Ledeng) kemudian belok kiri ke Jln. Kolonel Masturi, ke arah Cihideung, hingga melewati objek wisata Curug Cimahi (dekat CIC), lalu ke Jln. Komando.

4. Curug Tilu Leuwi Opat
Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat berada dekat dengan Curug Cimahi juga Ciwangun Indah Camp (CIC). Area wisata ini berbatasan langsung dengan kebun pinus dilewati oleh aliran sungai yang menuju Curug Cimahi dari hulu Situ Lembang. Kawasan dengan luas 5 hektare ini menyajikan pesona alam nan hijau. Tiket masuknya hanya Rp. 10.000.

Rute menuju curug ini, dari seberang Terminal Ledeng ambil kiri ke Jln. Sersan Bajuri - Kampung Gajah - terus hingga ke arah Jln. Kol. Masturi/Parongpong. Setelah Universitas Advent ambil ke arah Ciwangun Indah Camp, sebelum Curug Pelangi. Bisa juga dari arah gapura Lembang, ambil kiri ke arah Jln. Kolonel Masturi.

5. Curug Maribaya
Kawasan wisata Maribaya mempunyai tiga curug, yakni Curug Cigulung dan Curug Cikawari, dan Curug Omas. Dan pihak pengelola swasta sekarang hanya mengelola Curug Cigulung dan Curug Cikawari. Sementara Curug Omas (curug tertinggi), kini dikelola mandiri oleh pihak Provinsi Jawa Barat. Objek wisata andalan Kabupaten Bandung Barat ini, sekarang dikelola oleh pihak Maribaya Natural Hot Spring Resort. Kawasan wisata ini sudah direvitalisasi dan menyediakan aneka fasilitas wisata dari pemandian air panas, restoran, dan fasilitas wisata lainnya.