Wisata Jabar

Sensasi Berendam di Pemandian Air Panas Ciater





Berendam di air panas merupakan salah satu aktivitas yang paling disukai di luar negeri setelah penat beraktivitas selama satu pekan. Berendam di air panas akan membuat otot-otot di badan akan terasa lebih rileks dan tubuh menjadi lebih fresh.

Berendam di pemandian air panas dengan sumber panas  alami dari belerang akan lebih berkhasiat, terutama untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, memilih wisata ke pemandian air panas adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Adapun manfaat jika anda berendam dan mandi di air panas alami adalah dapat meredakan sakit rematik, gangguan kandungan, gangguan sistem saraf, cidera otot, dan penyakit kulit. Di Indonesia terdapat banyak wisata pemandian air panas, nah di Jawa barat ada salah satu wisata pemandian air panas di daerah Subang, ialah Pemandian Air Panas Ciater. Pemandian air panas Ciater terletak di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia.

Dekat Bandung dan Lembang
Tempat wisata ini cukup strategis karena berbatasan dengan kota Bandung dan bersebelahan dengan Lembang yang juga terdapat banyak objek wisata menarik lainnya. Tempat wisata ini memiliki nilai historis yang melegenda. Konon, dulu tahun 1960-an terdapat seorang kakek yang memiliki kekuatan sakti bernama Mbah Ebos. Ia berusaha membuka hutan di kawasan Ciater, Subang. Menurut masyarakat, hutan di daerah tersebut dikenal angker

Kemudian hutan tersebut diubah menjadi sebuah perkampungan yang diberi nama Ciater yang memiliki arti air yang memancar. Dan pada tahun 1968 Pemerintah Subang melihat potensi wisata di pemandian air panas ini yang kemudian dikembangkan menjadi objek pemandian air panas sampai dengan saat ini.

Rute ke Ciater, Subang
Menuju tempat pemandian air panas ini tidaklah terlalu sulit. Untuk Anda yang dari Jakarta bisa mengambil rute melalui jalur Puncak ataupun lebih mudah lewat tol Cikampek kemudian menuju Subang. Jika dari Bandung, melalui jalur Jln. Setia Budhi (Ledang) - Lembang - Jalan Raya Tangkuban Parahu - Ciater. Membawa kendaraan pribadi untuk menuju tempat wisata ini adalah pilihan paling recommended karena minimnya angkutan umum yang tersedia.

Harga tiket masuk ke wisata pemandian air panas Ciater cukup murah yakni Rp15.000 dan untuk berendam di kolam air panas pengelola mematok harga dari Rp20.000 -  Rp80.000 tergantung pilihan kolam yang Anda inginkan.

Selain menawarkan tempat pemandian air panas, tempat ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah untuk bisa diabadikan dengan kamera. Tempat barermain anak-anak dan camping ground, outbond, sarana olahraga juga semakin melengkapi tempat wisata ini. Selain itu, di sekitarnya juga tersedia restoran-restoran, resort, dan hotel yang bisa Anda jadikan tempat istirahat.

Adapun sumber air panas di obyek wisata ini berasal dari belerang Gunung Tangkuban Parahu yang lokasinya juga tidak jauh dari lokasi wisata ini. Jika Anda telah puas berendam di pemandian air panas ini, anda bisa mengunjungi beberapa obyek wisata disekitarnya, salah satunya adalah Gunung Tangkuban Parahu.

Keindahan pemandangan kawah Gunung Tangkuban Parahu akan memukau anda melihat betapa indahnya alam ciptaan Tuhan. Setelah cukup puas menikmati berendam di kolam pemandian air panas Ciater, melihat pemandangan kawah gunung tangkuban perahu, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas Ciater, Subang.

Diantara kuliner khas Ciater Subang adalah sate dan sop kelinci. Hewan mungil ini memiliki cita rasa daging yang khas. Diolah menjadi sop dan dibumbui dengan bumbu rempah yang banyak akan menggoda lidah Anda untuk mencicipinya. Ditambah dengan satenya berpadu dengan bumbu kecap yang semakin memanjakan lidah Anda.