Wisata Jabar

Pesona Keindahan Alam dan Kisah Nyi Roro Kidul di Pantai Karang Hawu




Objek wisata pantai ini dikenal dengan nuansa mistis yang berhubungan dengan mitos penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Di pantai selatan Sukabumi inilah terdapat petilasan Nyi Roro Kidul. Di belakang garis pantai, menyembul bukit-bukit yang rindang oleh pepohonon. Salah satu bukit itu ada yang dikeramatkan warga lokal. Di sini, terdapat kompleks makam, satu di antaranya dipercaya sebagai makam atau petilasan Nyai Roro Kidul. Pada hari tertentu, makam ini ramai dikunjungi orang yang ingin menemui Nyai Roro Kidul.

Legenda Nyi Roro Kidul
Petilasan penguasa pantai selatan itu ada di ruangan khusus. Sebuah lukisan besar yang menggambarkan sosok Nyi Mas Ratu Dewi Roro Kidul menjadi penghias ruangan. Ruang ini didekorasi dengan dominasi warna merah. Di sebelahnya, terdapat makam Eyang Sanca Manggala, Eyang Jalah Mata Makuta dan Eyang Syeh Husni Ali.

Kisah lain dari cerita rakyat setempat pun berhubungan dengan makam penyebar Islam Raden Dikudratullah dan Raden Cengkal. Kedua tokoh tersebut dipercaya oleh masyarakat setempat masih keturunan Sunan Gunung Jati yang berasal dari Cirebon.

Namun, di balik kisah mistis yang membumbui pantai tersebut, objek wisata Pantai Karang Hawu adalah magnet wisata tersendiri yang sayang jika dilewatkan jika melancong ke Sukabumi selatan. Pantai ini lokasinya tetanggaan dengan Pantai Pelabuhan Ratu, tepatnya di sebelah barat Kota Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Pantai nan indah ini terletak di Kecamatan Cisolok yang juga dikenal dengan wisata air panas yang memancar di tengah sungai.

Pantai Karang Hawu berciri khas bukit karang yang menjorok ke laut. dengan sisi satunya lagi terdapat hamparan pasir putih kecoklatan yang membentang. Letaknya 16 km atau 18 menit dari Pasar Ikan Pelabuhan Ratu. Pantai Karang Hawu berada di tepi Jln. Cisolok - Bayah yang menghubungkan Sukabumi dengan Banten.

Dengan garis pantai 4 km  kita bisa memandang keindahan pantai dan lautan dari atas bukit yang ada di sini. Sebagai pelengkap fasiliitas, di bukit ini juga terdapat warung-warung yang menjual beraneka barang yang berhubungan dengan Nyi Roro Kidul seperti, lukisan, minyak wangi, dan batu akik.

Deburan Ombak dan Hiasan Batu Karang
Di bawah bukit, kita bisa menikmati lebih dekat derasnya ombak Pantai Karang Hawu. Anda pun bisa menjajal jembatan bamu sederhana  dimana kita dapat berjalan melintasi aliran air laut hingga ke bagian ujung karang. Inilah terdapat lubang-lubang di bebatuan karang yang menjadikan nama ini menjadi Karang Hawu seperti hawu (Sunda= tungku pembakaran). Di area ini pun kita bisa menikmati pasir Pantai Karang Hawu yang berada di sisi sebelah kiri pantai.

Warna pasir di pantai ini putih sedikit kecoklatan dengan teksturnya yang halus. Sementara garis pantai memiliki panjang mencapai 3 km dengan tepian yang melengkung. Duduk sambil menikmati ombak menjadi aktivitas yang menyenangkan dilakukan di pantai ini. Menikmati sinar matahari yang hangat seringkali menjadi alternatif pilihan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Karang Hawu.

Walaupun ombak di sini besar, namun pada sisi yang berpasir ini sangat nyaman untuk dinikmati. Gulungan ombak akan mengecil saat mendekati tepi pantai dan pengunjung dapat bermain dengan hantaman ombak dengan rasa nyaman. Di pantai ini, kita dapat melakukan aktivitas seperti surfing, berenang, dan memancing. Selain itu, pengunjung juga dapat berlari-lari, jalan santai, maupun duduk bersantai di atas pasir yang lembut sambil menghirup udaranya yang sejuk dan melihat tebing dan karang yang tampak menakjubkan.

Akses Menuju Pantai Karang Hawu
Untuk menuju obyek wisata Pantai Karang Hawu Sukabumi dapat dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi (mobil) maupun sarana angkutan umum. Jika menggunakan sarana angkutan umum (bus), perjalanan dapat dimulai dari Terminal Pelabuhan Ratu.

Perjalanan dari Terminal Pelabuhan Ratu sampai ke lokasi kurang lebih dibutuhkan waktu 20 menit, karena jarak antara terminal dengan lokasi hanya sekitar 14 km. Seperti pantai pada umumnya terdapat beberapa fasilitas di pantai ini sepertii mushola, tempat parkir yang luas, mini market, hotel/penginapan, dan warung-warung di pinggir pantai.