Wisata Jabar

Curug Cipeuteuy Majalengka, Objek Wisata Paling Ngehits di Media Sosial





Inilah salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk Anda yang sedang berlibur di Majalengka. Paduan alam nan asri antara kawasan hutan pinus dan air terjun memberikan suasana ketenangan batin tersendiri. Saat perjalanan ke arah air terjun, pesona hijaunya hutan kawasan lereng Gunung Ciremai ini akan menyapa Anda.

Kawasan wanawisata ini juga bentuk pemberdayaan masyarakat sekitar yang bisa mengambil manfaat dari kehadiran tempat wisata di wilayahnya. Dulu, kawasan ini termasuk hutan produksi namun kini menjadi hutan konservasi. Masyarakat pun kini bisa merasakan manfaat ekonomi dengan ikut terlibat mengelola wanawisata Curug Cipeuteuy ini.

Curug Cipeuteuy, seperti kebiasaan masyarakat Sunda, penamaan suatu titik geografis biasa dikaitkan dengan alam. Peuteuy yang berarti "petai" konon tempat ini dulunya ada pohon petai yang sangat besar. Kini, objek wisata di Desa Bantaragun ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Bahkan, tempat ini kian trending di media sosial. Banyak netizen yang mengunggah foto-foto keindahan wisata Curug Cipeuteuy ini. Pengunjung pun banyak dari luar Majalengka hingga turis asing.

Pemberdayaan Masyarakat
Di kawasan Curug Cipeuteuy, pengunjung bisa mengenal lebih dekat habitat hutan. Di sini, pohon-pohon diberi tulisan identitas nama-namanya. Juga di sini merupakan tempat budi daya anggrek. Curug Cipeuteuy berada Bumi Perkemahan (Buper) Awi Lega, Desa Bantaragung berjarak kurang lebih 24 km dari arah timur pusat kota Kabupaten Majalengka dan sekitar 27 km dari Cirebon.

Curug Cipeuteuy sendiri dikelola oleh masyarakat setempat  yang tergabung dalam Mitra Pariwisata Gunung Ciremai (MPGC). Objek wisata alam di Majalengka ini mulai dikembangkan dengan adanya pembenahan dari Maret 2009 hingga 2010. Tempat ini memang termasuk kawasan ideal untuk sebuah objek wisata. Selain suasananya yang asri, fasilitas yang ada di sini pun dikelola dengan baik, dengan hadirnya gazebo, toilet, parkiran, dan fasilitas lainnya yang membikin pengunjung nyaman.

Di tempat ini pun merupakan habitat elang jawa dan hewan lainnya. Pengunjung pun bisa mencoba mengamati di spot pengamatan hewan yang disediakan pihak pengelola. Fasilitas lainnya ada area hiking, mengenal jenis-jenis pohon, dan beristirahat di saung-saung sambil menikmati makanan. Dan tentunya Anda bisa menikmati air terjun yang begit memesona. Jatuhan air ke kolam merupakan simfoni alam yang menyejukkan. Di sini ada beberapa kolam yang bisa Anda nikmati. Namun ada juga kolam yang tidak boleh direnangi.

Untuk membasahi tubuh, bisa di kolam yang ada pancuran. Di sini pula ada kolam terapi yang dipercaya berkhasiat bagi tubuh. Air terjun memiliki air yang jernih dan juga dingin. Ketinggian curug sendiri hanya sekitar 5 Menter. Namun, panorama alam sekitar curug dan air yang bening menjadi daya tarik curug ini. Selain itu air bersih dan dingin yang berasal dari curug sengaja di bendung atau dibuat semacam kolam agar Fasilitas lain untuk penunjang pengunjung yang ada di sini pun bikin betah pengunjung.

Harga Tiket Masuk Curug Cipeuteuy
Untuk area parkir, berada di dekat loket masuk. Biaya  ke kawasan ini dewasa Rp10.000 dan anak-anak Rp5.000. Untuk parkir mobil Rp15.000. Dulu, untuk ke tempat ini tidak bisa dilalui kendaraan. Namun, kemudian pada 2013 dilakukan pengaspalan hingga akses ke sini pun lebih mudah. Dari loket karcis ke curug hanya berjarak sekitar 300. Saat berjalan kaki ke area air terjun, pengunjung dapat menikmati kesegaran udara pegunungan nan hijau.

Rute Menuju Curug Cipeuteuy
Adapun bagi Anda yang ingin wisata ke sini, rute bisa melalur jalur Jalan Raya Majalengka - Sumber - Desa Sindangwangi - Desa Bantaragung. Untuk akomodaso bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.  Namun, kondisi jalan cukup sempit dan banyak tanjakan.