Wisata Jabar

Banjar Water Park Destinasi Wisata Unggulan Kota Banjar




Kota Banjar atau Banjar Patroman merupakan  terletak paling ujung timur Provinsi Jawa Barat. Kota ini menjadi kota terakhir jika pengendara akan ke Jawa Tengah. Sejak tanggal 1 Desember 2002, Banjar ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Ciamis. Hal ini sesuai dengan undang-undang no. 27 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kota Banjar di Provinsi Jawa Barat. Walau termasuk kota kecil, Banjar terus bergeliat dalam mengembangkan potensi wisatanya. Salah satunya Banjar Water Park (BWP) yang terletak di Jln. Stadion Patroman. No 9, Kota Banjar.

Dibangun di awal tahun 2009 di atas tanah seluas 3,5 hektare, objek wisata kebanggaan Banjar ini menjadi salah satu unggulan destinasi wisata.  Banajr Wate Park kemudian diresmikan pada 21 Februari 2010 oleh Wali Kota DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM. Walaupun pada 2012, tempat wisata ini sempat mengalami renovasi. Waktu itu, pihak pemerintah setempat pun ikut membantu mendanai sebesar 1 milyar.

Maklum saja, Banjar Water Park sendiri di kelola oleh tim yang ditunjuk oleh Banjar berdasarkan peraturan Wali Kota Banjar Nomor : 655/Kpts.16 Huk/2010, yaitu oleh Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika dan Banjar. Waktu itu, selama kurang lebih 1 tahun 5 sampai dengan terbentuknya Park menjadi Perusahaan Daerah dengan terbitnya peraturan daerah Nomor 12 Tahun 2010, dan pada tanggal 1 juni 2011. Maka, Banjar Water Park pun kemudian resmi menjadi Perusahaan Daerah.

Namun sayangnya, promosi wisata air ini kurang maksimal. Salah satunya website dan akun media sosial yang dikelola BWP pun sudah tidak aktif lagi. Begitu pula dengan penyebaran postingan foto/video pengunjung objek wisata ini di media sosial tidak begitu gencar. Padahal, zaman sekarang salah satu indikator untuk lebih memperkenalkan potensi wisata daerah adalah dengan banyak kiriman postingan dari pengunjung.

Fasilitas Banjar Water Park
Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di Banjar Water Park
1. Boomerang
Berupa wahana seluncuran yang diperuntukan untuk  orang dewasa .dengan tinggi badan  lebih dari 125 cm. Boomerang berupa menara dengan ketinggian 12 meter. Wahana ini merupakan yang ke-2 di Indonesia setelah di Bali.

2. SuperbowlMerupakan wahana ekstrem yang diperuntukan untuk orang dewasa dengan tinggi badan lebih dari 125 cm. Pengunjung dapat meluncur dari ketinggian 12 meter  yang dapat  menguji adrenali. Wahana ini bentuknya seperti corong dan meluncur dengan kecepatan tinggi. Sama seperti boomerang, wahana ini pun merupakan ke-2 di Indonesia setelah di Bali.

3. Lazy RiverWahana ini diperuntukan untuk berenang dengan menggunakan ban, dan bersantai. Wahana ini bisa dipergunakan anak-anak maupun dewasa. Kedalaman wahan ini  hanya 130 cm.

4. Kiddy PoolWahana ini diperuntukan untuk anak-anak kecil untuk bermain dan berenang, juga terdapat 2 luncuran yang dapat dipergunakan untuk meluncur, adapun kolam tersebut memiliki kedalaman hanya 40 cm

5. Main PoolWahana ini merupakan kolam renang utama dimana semua luncuran dari Boomerang, Superbowl, dan Ember Tumpah masuk ke kolam ini. Kolam renang yang bisa dipergunakan dewasa dan anak-anak ini kedalamannya 130 cm.
6. Kolam Renang OlympicWahana ini dikhususkan bagi pengunjung yang telah bisa berenang karena kedalamannya 2-3 m. Adapun ukuran kolam tersebut  sesuai standar nasional dengan panjang 50 m dan lebar 25 m.

7. Kolam Renang Loncat IndahWahana ini mempunyai kedalaman 4-5 m dan tinggi papan loncat 1-2 m. Wahana ini diperuntukkan bagi pengunjung khusus yang belajar loncat indah dan sudah bisa berenang. Di sini  tidak diperkenankan untuk pengunjung bermain-main di sini apalagi yang belum bisa berenang.

8. Flying Fox
Anda ingin menguji adrenalin dengan meluncur dari ketinggian menara 9 meter? Cobalah wahana ini.Dengan panjang lintasa sekitar 90 meter, pengguna bisa menjajal melintasi kolam main pool dan mendarat di area taman Banjar Water Park.

9. Bombom Car
Wahana ini cocok bagi anak-anak dibawah usia 9 tahun. tersedia bombom car sebanyak 6 buah.

10. Ember Tumpah
Wahana ini merupakan gabungan dari permainan seluncuran dan terdapat air tumpah yang jatuh dari ember diatasnya. Di bahwa ember tumpah, pengunjung dapat merasakan sensasi tumpahan air yang jatuh dari ember tersebut.

Harga Tiket Masuk Banjar Water Park
Berikut ini harga tiket masuk Banjar Water Park (harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Harga tiket masuk weekend
Dewasa Rp17.000
Anak-anak Rp15.000

Harga tiket masuk weekday
Dewasa Rp12.000
Anak-anak Rp10.000

Banjar Water Park (BWP)
Jln. Stadion Patroman. No 9, Kota Banjar, Jawa Barat
Telepon: (0265) 743002
Fax.: (0265)  743002