Wisata Jabar

10 Tempat Wisata Favorit di Kawasan Lembang




Bagi Anda yang sedang merencanakan berwisata di Bandung, kawasan Lembang pasti menjadi tujuan utama. Berikut ini kami sajikan beberapa tempat-tempat wisata yang sedang trending di kawasan Lembang. Hal ini sesuai pengamatan kami dari akhir 2015 hingga Maret 2016 sekarang ini.

Berikut ini tempat-tempatnya.

1. Rumah Hobbit Farmhouse Susu Lembang
Ini menjadi destinasi wisata paling favorit yang masih saja penuh oleh pengunjung. Walaupun tempatnya tidak terlalu luas, namun efek media sosial akan tempat ini menjadikan Farmhouse sebagai lokasi wisata pilihan. Para pengunjung datang dari Bandung, luar Bandung, hingga dari Malaysia. Lokasinya memang cocok buat ajang selfie atau wefie.

Apalagi tempatnya tidak terlalu jauh dari Kota Bandung, dari Jalan Setia Budhi (Ledeng) hanya beberapa kilometer ke arah Lembang alias belum masuk alun-alun Lembang. Belum lagi tiket masuknya yang murah hanya Rp. 20.000 menjadikan tempat ini selalu ramai oleh pengunjung. Spot paling banyak jadi ajang berfoto ria adalah Rumah Hobbit, Rumah Eropa (sambil berdandan ala Eropa), juga taman-taman.

2. Curug Pelangi
Lokasinya lumayan jauh dari Bandung atau Lembang kota. Dari Lembang ke arah barat, kurang lebih 10 kilometer dari kota Cimahi ke arah Lembang atau 20 km (sekitar 1 jam) dari kota Bandung. Curug Pelangi tepatnya terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Curug Pelangi berada dibawah pengelolaan Perhutani. Air terjun yang dulu dikenal dengan nama Curug Cimahi ini memang menyajikan keindahan alam plus spot-spot menarik buat selfie.

Tak heran jika tempat dengan tiket masuk Rp. 15.000 ini banyak dikunjungi wisatawan dari luar Bandung. Keindahan pelangi warna-warni yang tersembul di balik aliran air memang menjadi daya tarik tersendiri. Jika sedang beruntung, pengunjung bisa melihat monyet-monyet yang berkeliaran di sekitar air terjun.

3. Terminal Wisata Grafika Cikole
Lokasinya searah dengan jalur menuju Gunung Tangkuban Parahu. Dengan konsep one stop service alias segala ada, tempat wisata ini sangat cocok buat wisata di Bandung. Berada di atas lahan seluas 9 hektare, tepat di kaki gunung Tangkuban Perahu dengan ketinggian 1400 meter dpl, udara sejuk bersuhu 20 derajat celcius langsung terasa. Kawasan Cikole ini dikenal sebagai tempat camping favorit. Namun kini, banyak resort dan fasilitas lainnya, dari outbond, paintball, restoran pilemburan, hingga rumah hobbit. Di tempat ini, dijamin Anda akan merasakan sensasi pegunungan khas Bandung yang takkan dilupakan.

4. The Lodge Earthbound Adventure Park
Di sini terdapat fasilitas lengkap bagi Anda yang ingin menjajal wisata di sini. Tempat yang juga dikenal dengan "The Lodge Cibodas" terdapat fasilitas outbound (flying fox, trekking, fun games, camping, dll. Tempat ini cocok juga bagi Anda yang ingin mengadakan kegiatan gathering atau sekadar kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Untuk menuju ke tempat ini bisa mengambil jalur Terminal Dago- Dago Giri - Maribaya, lalu ke Cibodas. Jika dari Jalan Setiabudhi (Ledeng) ke arah Lembang - Jln. Maribaya - Curug Maribaya - Cibodas.

5. Maribaya Natural Hot Spring Resort 
Banyak fasilitas di Maribaya Natural Hot Spring Resort ini, antara lain: kolam pemandian air panasa, air terjun, amphitheatre, sky bridge di antara pepohonan, kolam ikan, Twig cafe, dan sebagainya. Sementara untuk tiket masuk Maribaya Natural Hot Spring Resort Rp. 35.000/orang. Untuk menggunakan fasilitas lain, pengunjung harus membayar biaya tambahan.

Jalur yang bisa ditempuh ke Maribaya Natural Hot Spring Resort, ambil dari arah Jln. Setiabudhi (Ledeng) - Lembang. Di perempatan Pasar Lembang, ambil jalan menuju D'Ranch/Pusdikajen terus saja susuri Jln. Maribaya hingga ke kawasan Curug Maribaya ini. Jalur alternatif lainnya jika tidak ingin terjebak macet di Jln. Setiabudhi - Lembang, Anda bisa melalui Jalan Ciumbuleuit - Punclut atau jalan tembus ke Lembang  melalui Jalan Dago Giri (ujung jalan kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda).

6. Dusun Bambu
Terletak di Jln. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Kab. Bandung Barat. Pengunjung bisa menemukan area-area seperti Kampung Layung yang merupakan tempat penginapan berupa cottage bernuansa kayu. Ada pula Lutung Kasarung yang berupa kafe berdesain unik seolah bergelantungan di antara pepohonan. Sementara jika ingin bersantap, ada Burangrang yang merupakan restoran keluarga dengan suguhan hidangan Indonesia.

Sementara area Purbasari menyuguhkan hidangan tradisional Sunda dengan konsep lesehan di gazebo-gazebo bambu di tepi danau. Jika ingin membeli berbagai sayur dan buah segar maupun snack dan suvenir khas Sunda bisa mengunjungi Pasar Khatulistiwa. Salah satu spot menarik yang menyajikan pemandangan indah untuk berfoto yakni di depan danau.

7. Dulang Resort and Resto
Konsep pemandangan lembah dengan pemandangan yang hijau plus hawa sejuk ala pegunungan Bandung utara, bisa Anda nikmati di sini dari balkon. Hawa dingin yang menerpa bisa diusir dengan memesan makanan dan minuman hangat yang tersedia di resto. Anda bisa pesanan makanan ringan juga makanan berat. Spot paling menarik adalah berenang di sini sambil menikmati keindahan alam Lembang. Untuk renang cukup bayar Rp. 30.000.

Rute ke tempat ini keluar tol Pasteur menuju Ledeng terus ke arah Lembang. Pas perempatan Pasar Panorama Lembang ambil lurus ke ke arah Maribaya (melewati De'Ranch).  Terus ke Jln. Pabrik Gitar hingga ada pertigaan kemudian belok kanan (ada Masjid At Taqwa, Kayu Ambon). Dari dekat masjid, ambil kiri menanjak menuju Dulang Resort and Resto. Rute lainnya bisa dari Jalan Dago Giri (dekat Taman Hutan Ir. H. Juanda/Tahura atau lewat Jln. Ciumbuleuit - Punclut - Lembang). Untuk tempat parkirnya, tenang luas banget.

8. Floating Market Lembang
Kawasan wisata yang dikenal dengan Situ Umar ini dikenal dengan penggunaan "mata uang" koin sebagai alat transaksi. Tempat wisata ini sangat luas dan menyajikan aneka fasilitas dengan konsep pasar terapung, taman kelinci, taman miniatur kereta api, sentra kuliner, hingga sentra suvenir.

9. Green Forest Resort
Lokasi di Jln. Sersan Bajuri no. 102, Cihideung, Kab. Bandung Barat ini dikenal sebagai penginapan. Green Forest Resort menyediakan aneka fasilitas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Salah satunya adalah adanya jembatan gantung yang kini menjadi primadona sebagai spot untuk berfoto-foto ria.

Salah satu spot menarik yang sedang trending jadi tempat selfie yakni bangunan kapel dengan bentuk yang sangat unik. Bentuk bangunannya segitiga putih mirip tenda raksasa. Bangunan yang biasa dijadikan acara wedding maupun prewedding ini dikelilingi oleh kaca-kaca jendela besar sehingga kita bisa memandang luas ke luar.

10. Taman Bunga Begonia
Bunga-bunga yang ditanam dan dijual di sini, antara lain: Bunga Celosia, Melampodium, Bunga Impatiens, Bunga Salvia, Bunga Geranium, dan  jenis bunga lainnya. Jika Anda berkunjung ke sini, bukan hanya bisa menikmati aneka bunga namun bisa juga membeli aneka bunga dengan kualitas terbaik. Keindahan kebun bunga di Lembang ini sekarang lebih dikenal sebagai tempat kunjungan wisatawan yang ingin foto-foto.

Rutenya dari Jalan Setiabudhi (Ledeng) terus saja hingga ke arah Alun-Alun/Pasar Lembang. Di pas perempatan ada jalan yang ke kiri ke Subang, kanan ke Pasar Lembang, dan yang lurus ke jalan Maribaya. Anda pilih jalan ke arah Jln. Maribaya kemudian akan melewati D'Ranch dan Pusdikajen terus ikuti saja jalan ini.