Wisata Jabar

Kesegaran Berenang di Curug Leuwi Hejo, Sentul




Leuwi dalam bahasa Sunda artinya bagian dalam di sebuah sungai atau lubuk (bahasa Jawa = kedung). Dan hejo artinya 'hijau'. Ini menggambarkan airnya yang berwarna hijau karena bersihnya plus alami. Inilah tempat wisata yang eksotis di daerah Sentul, Kab. Bogor dengan kolam renang alaminya. Namanya kian berkibar sebagai salah satu destinasi wisata alam yang menjadi tujuan pelancong khususnya dari Jakarta, Bogor, Sukabumi, Bekasi, dan sekitarnya.

Maklum saja dari Jakarta ke Sentul jaraknya tidak begitu jauh. Apalagi tempat wisata yang berada di ketinggian 500 - 1000 mdpl ini selain menyajikan keindahan alam luar biasa juga termasuk murah meriah.  Bagi para kaum urban di Jakarta yang pernah merasakan masa kecil bermain di sungai, tempat ini bisa menjadi pembuka memori akan masa kecil Anda. Leuwi Hejo oleh penduduk setempat disebut juga Curug Bengkok. Air terjun ini langsung mengalir ke sungai dengan pemandangan bebatuan nan elok. Anda tinggal menceburkan diri sepuas-puasnya.

Rute Menuju Air Terjun Leuwi Hejo
Lokasi tempat wisata alami ini ada di Desa Karang Tengah, Sentul. Jika membawa mobil pribadi masuk tol ke arah Bogor dan keluar di tol Sentul Selatan. Lalu, keluar di Tol Sentul Selatan menuju kompleks Sentul Nirwana. Di bundaran, berputar lalu belok kiri persis tidak jauh dari wahana Jungle Land. Anda akan masuk ke pedesaan dan ikuti jalur saja. Hanya saja jalan yang agak sempit, curam, dan bergelombang harus siap Anda "ladeni". Sekitar beberapa jam menempuh perjalanan akhirnya Anda akan menemukan petunjuk Air Terjun Leuwi Hejo. Maka, Anda sudah sampai di lokasi air terjun tersebut. Parkirkan kendaraan Anda dan lanjutkan dengan berjalan kaki (kurang lebih 500 meter).

Tips untuk ke tempat ini sebaiknya menggunakan perlengkapan ala anak gunung, seperti sepatu untuk jalan licin.  Anda akan melihat tanda panah menuju air terjun dan Anda terus berjalan kemudian menyeberang melewati jembatan bambu. Akhirnya, Anda akan menemukan plang "Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok Leuwi Hejo Curug Barong". Airnya berwarna biru kehijauan dengan sajian aksesoris alami berupa bebatuan-bebatuan besar.

Maka, Anda sudah siap menjajal berpetualang di tempat ini. Nikmati masa kecil Anda saat bermain meloncat ke sungai bareng teman-teman. Bercumbu dengan air alami di pegunungan yang masih terjaga keasriannya memang bisa memawa kesenangan dan kesegaran tersendiri. Namun tetap jaga kehati-hatian, apalagi di musim penghujan. Ya, siapa tahu debit airnya meninggi.

Catatan lainnya, hati-hati selama perjalanan ke sini karena jalan menuju lokasi kadang licin dan treknya lumayan miring. Inilah sayangnya, tempat wisata di sini masih swakelola oleh masyarakat setempat. Tempat wisata ini menunggu perhatian lebih dari pihak terkait karena potensinya sangat bagus. Untuk pengunjung Lebih nyaman ke sana naik motor trail, mobil, atau mencoba menggowes sepeda gunung. Maklum saja untuk angkutan umum menuju lokasi yang ada hanya ojek. Adapun biaya masuk di pos jagar Rp. 10.000 / orang dan sewa parkir kendaraan Rp. 5.000. Murah banget kan? Dari pos jaga, perjalanan memakan waktu sekitar 10 menitan.

Dari Curug Hejo, Anda bisa melanjutkan petualangan alam ke Curug Barong. Curug ini bisa ditempuh sekitar 20 menit dengan rute lumayan menanjak dari Curug Hejo. Curug Barong mempunyai ketinggian 7 meter dan debit airnya deras. Karena deras airnya, pengunjung tidak disarankan berenang di tempat ini. Lokasi ini cocoknya buat selfie atau wefie.

Curug Leuwi Hejo
Kp. Leuwi Hejo, Desa Karang Tengah, Sentul, Kab. Bogor
- Foto-foto di Curug Leuwi Hejo lihat di sini
- Video di Curug Leuwi Hejo tonton di sini