Wisata Jabar

Smart City Bandung Menarik Perhatian Putri Belgia




Sepak  terjang  Ridwan Kamil selama menjadi orang nomor  satu  di Kota  Bandung  rupanya tidak hanya menjadi perhatian  warga  Kota Bandung  dan  masyarakat Indonesia lainnya, tapi  juga diam-diam menjadi  atensi  kaum  ningrat dari Belgia.  Salah  satunya  yang mengundang  rasa penasaran negeri penghasil cokelat  terbaik  di dunia  itu adalah konsep smart city yang dicanangkan  Emil  untuk Kota Bandung.

Konsep  smart city atau kota cerdas dicanangkan Emil  untuk  menyelesaikan berbagai permasalahan di Kota Kembang, seperti sampah, kemacetan,  dan banjir. Beberapa usaha Emil selama  kurang  lebih tiga tahun  sangat  berhasil dan  mencengangkan.  Salah  satunya dengan kembali diraihnya Piala Adipura oleh Kota Bandung setelah 17 tahun. Bahkan, Kota  Bandung  pun masuk finalis 6 besar dunia untuk  smart city dari World Smart City Organization.

Bukti  besarnya perhatian Belgia kepada Kota Bandung antara  lain dengan rencana pengiriman rombongan pengusaha Belgia yang  dipimpin oleh putri Kerajaan Belgia, Astrid Josephine, Maret 2016 yang akan datang.  Mereka  berniat membahas masalah  smart  city  dan mengintip peluang untuk melakukan kerja sama dengan Kota  Bandung untuk mewujudkannya.

Puti  Astrid memang tidak hanya datang untuk menuju Kota  Bandung semata.  Wanita yang pernah menjadi Presiden Palang Merah  Belgia ini  juga  untuk melakukan peluang kerja  sama  investasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan akan berkunjung ke Kota  Hujan Bogor untuk mengikuti seminar. Hal itu diungkapkan  Wakil Gubernur Jawa  Barat,  Deddy  Mizwar setelah   bertemu   delegasi Belgia  di Gedung   Sate,  Jumat (15/1/2016). Menurut Demiz, Putri Astrid akan datang pada tanggal 12-19 Maret 2016.

Wakil  Gubernur menyatakan, Belgia akan "masuk" untuk  menanamkan modalnya  dalam berbagai bidang yang potensial di  Provinsi  Jawa Barat,  antara lain di sektor manufaktur dan instruktur,  seperti jalan tol dan bandara. Belgia merupakan negara kedelapan terbesar dalam menanamkan investasinya di Jabar.