Wisata Jabar

Culture Night, Tema Penyambutan Kunjungan Putri Belgia ke Jawa Barat




Ada  banyak  agenda yang dipersiapkan  Pemerintah  Provinsi  Jawa Barat  dalam  rangka menyambut kedatangan  Putri  Belgia,  Astrid Josephine,  ke  Jawa Barat, Maret 2016  mendatang. Di  antaranya dengan  menyelenggarakan pertunjukan seni tradisional  khas  Jawa Barat yang sudah diakui dunia, yaitu angklung.

Angklung hanyalah satu dari pertunjukan kesenian yang akan dipersembahkan  saat makan malam bersama Putri Astrid, dalam  kegiatan yang bertajuk Culture Night atau malam kebudayaan. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan saat ditanya  tentang persiapan menyambut kedatangan Putri Astrid Josephine dari  Belgia.

Menurut  pria yang akrab dipanggil Aher ini, konsep  acara  malam kebudayaan ini merupakan usul Bank Indonesia (BI) agar suasananya rileks  dan  terkesan akrab. Penyajian  pertunjukan  budaya juga digelar untuk memperkenalkan kekayaan seni dan budaya Jawa  Barat kepada rombongan dari negeri yang beribu kota di Brussels itu.

Selain itu, kedatangan Putri Astrid juga akan dijadikan  kesempatan untuk memperkenalkan objek-objek wisata unggulan Jawa  Barat, salah satunya adalah pesona Geopark Ciletuh yang saat ini sedang dalam seleksi  untuk masuk global  geopark  network.

Diharapkan  kunjungan  sang putri, juga menarik  minat  wisatawan asal Belgia untuk berkunjung ke Jawa Barat. Apalagi, para  investor  dari  negeri  penghasil cokelat terbaik di dunia itu akan menanamkan modalnya dalam berbagai sektor yang potenisial di Jawa Barat, antara lain dalam bidang manufaktur dan infrastruktur.

Tawaran Investasi
Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan menawarkan investasi  di Bandara  Internasional Jawa Barat (BIJB)  Kertajati.  Terutama investasi  dalam pengembangan aerocity di area bandara tersebut.  Saat  ini Belgia tercatat  sebagai  negeri  kedelapan terbesar penanam investasi di Jawa Barat.

Seperti  diketahui, selain membawa 200 pengusaha untuk  melakukan investasi di Jawa Barat, Putri Astrid pun menjadwalkan  pertemuan dengan  Wali  Kota  Bandung, Ridwan Kamil  karena Belgia  sangat tertarik dengan konsep smartcity yang dicanangkan Kota Kembang. Dalam kunjungannya  ke Jawa Barat, Astrid Josephine  juga  akan menghadiri seminar yang akan diselenggarakan di Kota Bogor.