Wisata Jabar

Berbelanja Batik Khas Cirebonan di Wisata Kampung Batik Trusmi





Cirebon selalu saja menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan khususnya ketika hari liburan tiba. Tak hanya sebagai kota perlintasan, Cirebon juga menjelma menjadi salah satu kota fashion yang memiliki ciri khas. Dan di kota udang inilah ada salah satu sentra batik tersohor, yaitu kawasan wisata Kampung Batik Trusmi.

Berkunjung ke kota yang satu ini jangan sampai terlewatkan untuk berkunjung ke Kampung Batik Trusmi, yang berlokasi di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Kisah membatik Desa Trusmi berawal dari peranan Ki Gede Trusmi. Salah seorang pengikut setia Sunan Gunung Jati ini mengajarkan seni membatik sembari menyebarkan Islam. Sampai sekarang, makam Ki Gede masih terawat baik, setiap tahun dilakukan upacara cukup khidmat, upacara Ganti Welit (atap rumput) dan Ganti Sirap setiap empat tahun.

Di sepanjang jalan utama yang berjarak 1,5 km dari desa Trusmi sampai Panembahan, saat ini banyak kita jumpai puluhan showroom batik. Berbagai papan nama showroom nampak berjejer menghiasi setiap bangunan yang ada di tepi jalan. Munculnya berbagai showroom ini tak lepas dari tingginya minat masyarakat terutama dari luar kota terhadap batik Cirebon dari mulai showroom batik hingga online shop

Beragam motif khas Cirebonan akan Anda temukan di tempat yang satu ini, mulai dari baju, tas dan beragam pernak pernik lainnya. Tak heran ketika musim liburan tiba tempat yang satu ini menjadi sangat padat didatangi oleh pelancong yang berburu batik yang selalu jadi buah tangan cantik.

Batik Trusmi terkenal dengan desain batik Cirebonan Klasik, di antaranya motif Mega Mendung, Paksinaga Liman, Patran Keris, Patran Kangkung, Singa Payung, Singa Barong, Banjar Balong, Ayam Alas, Sawat Penganten, Katewono, Gunung Giwur, Simbar Menjangan, Simbar Kendo, dan lain-lain

Harga batik khas Cirebon ini sangatlah bervariasi mulai dari Rp.50.000 hingga jutaan rupiah tergantung dengan model, motif dan bahannya. Salah satu yang jadi primadona adalah motif batik Mega Mendung. Selain tampilannya yang menarik, motif yang satu ini juga telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Motif batik Mega Mendung tentunya sarat akan makna yang terkandung di dalamnya, dimana memiliki filosofi tersendiri. Motif-motif awan pada batik Mega Mendung menunjukan seperti kasta dalam hidup.