Wisata Jabar

Menikmati Kesejukan Wisata Aneka Air Terjun di Gunung Bunder, Bogor





Apabila Anda gemar berwisata ke objek wisata air terjun alias curug, ada baiknya Anda mempertimbangkan Gunung Bunder di Bogor yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kenapa? Karena di tempat ini Anda tidak hanya bisa mengunjungi satu air terjun.

Di sini, setidaknya ada beberapa air terjun yang bisa Anda jelajah sekaligus, yaitu Curug Cihurang, Curug Seribu, Curug Ngumpet, Curug Cigamea, Curug Cadas, Curug Pangeran, dan kemungkinan masih ada lagi curug lainnya di kawasan ini. Jadi, kalau Anda butuh rekomendasi mengenai tempat wisata di Kota Hujan, maka Gunung Bunder sebaiknya segera Anda masukkan ke dalam daftar tempat yang akan dikunjungi.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Bunder
Gunung Bunder terletak di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Relatif tidak sulit menemukan objek wisata ini. Begitu keluar dari pintu Tol Bogor, ikuti petunjuk yang akan mengarahkan kendaraan Anda ke kampus IPB Dramaga. Terus lurus sampai ke Pasar Ciampea.

Setelah menempuh perjalanan sekitar dua puluh kilometer dari pintu Tol Bogor, maka Anda pun akan sampai di objek wisata Gunung Bunder. Namun, disarankan Anda selalu memperhatikan petunjuk arah atau tak malu untuk bertanya selama dalam perjalanan agar tidak nyasar dalam perjalanan.

Setelah melewati kawasan permukiman, pemandangan di sepanjang perjalanan kemudian berganti menjadi pemandangan yang sungguh breathtaking alias teu bosen neuteupna; ladang dan kebun, pegunungan, dan sungai dengan suhu yang mulai sejuk. Siapkan saja kamera Anda agar tidak kehilangan objek bagus sepenjang perjalanan.

Setelah melewati gerbang, "petualangan" Anda di kawasan wisata ini dimulai dengan pemandangan hutan pinus di kiri dan kanan jalan. Suhu udara pun lebih terasa dingin karena memang Wana Wisata Gunung Bunder berada di ketinggian 1.050 meter dari atas permukaan laut.

Curug Cihurang
Curug yang terdekat dari jalan masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini, yaitu Curug Cihurang. Curug ini tidak begitu tinggi, hanya beberapa meter, dengan dua aliran air yang jatuh gemericik ke kolam penampungan. Karena tidak begitu besar, curug ini tampaknya cocok dan relatif aman bagi anak-anak. Apalagi di sekitar kolam disediakan fasilitas seluncur yang bisa membuat anak-anak semakin betah. Area sekitar yang subur dengan pepohonan yang berdaun rimbun, akan membuat Anda semakin rileks menikmati udara sejuk pegunungan sambil duduk santai di saung-saung yang ada di sekitarnya.

Curug Ngumpet
Kemudian,curug yang kedua adalah curug Ngumpet. Nama air terjun ini mungkin diberikan karena letaknya memang agak tersembunyi, namun karena banyak petunjuk arah, kini "persembunyiannya" dengan mudah bisa ditemukan. Dan yang pasti, walaupun namanya tidak begitu merdu didengar,namun tak kalah indahnya dari Curug Cihurang.

Di sekitar curug ini, batuan besar terserak di mana-mana di sepanjang sungai. Dengan ketinggian sekitar 45 meter, curug ini tentunya lebih tinggi dan lebih besar dari Curug Cihurang, dengan air yang jernih sehingga cocok sekali untuk berendam dan menyegarkan badan.

Curug Cigamea
Lepas dari Curug Ngumpet, Anda bisa memasuki Curug Cigamea. Kondisi jalan yang relatif bagus dan pemandangan yang indah, akan memanjakan Anda selama perjalanan ke curug ini. Di curug yang ketiga ini, Anda bisa menghirup udara yang sejuk dan segar, dengan air yang jernih dan bersih. Meski demikian, saat berada di curug ini, Anda disarankan berhati-hati karena banyak batu besar yang tajam  dan licin.

Curug Seribu
Lalu yang terakhir, Curug Seribu. Curug ini disebut sebagai salah satu air terjun tertinggi di Jawa Barat, yaitu sekitar sekitar 100 meter, air terjun ini menyajikan pemandangan yang begitu memukau. Karena curug ini merupakan yang terbesar dan tertinggi dibandingkan tiga curug sebelumnya, tak heran suara gemuruh air terjun ini begitu dahsyat dan bahkan bisa terdengar dari jarak yang cukup jauh.

Nah, untuk menuju ke sini tampaknya Anda tidak bisa membawa keluarga (terutama anak-anak) karena lumayan jauh dari pintu masuk, dan treknya lumayan sulit ditempuh. Namun bagi Anda yang gemar wisata petualangan, curug ini tampaknya paling cocok untuk Anda karena akan cukup menguras tenaga.

Namun semua itu akan tergantikan begitu sampai di tempat yang dituju karena bila dibandingkan tiga air terjun sebelumnya, inilah curug yang paling tinggi dan besar dengan suaranya yang bergemuruh membawa berkubik-kubik air yang jernih dan segar. Area di sekitarnya pun cukup menawan karena masih berupa hutan yang dihuni oleh beberapa kelompok monyet.

Fasilitas
Oya, selain menikmati keindahan air terjun, di tempat ini pun tersedia fasilitas lain seperti arena untuk outbound, perkemahan, dan masjid. Apabila Anda ingin lebih lama berwisata di Gunung Bunder, di sini pun banyak tersedia penginapan yang bisa Anda pilih dengan tarif yang sesuai dengan isi kantong Anda, seperti vila atau resort. Atau bila Anda ingin lebih berhemat, Anda bisa memilih rumah-rumah warga yang disewakan.