Wisata Jabar

Berwisata Alam dan Budaya di Kampoeng Wisata Cinangneng - Bogor




Banyak sekali tempat wisata yang bisa kita kunjungi ketika telah tiba waktu liburan, mulai dari liburan ke Pantai, ke Gunung sampai liburan berwisata sejarah di pusat kota. Akan tetapi terkadang kita merindukan suasana liburan ala perkampungan, dan lokasinya relatif tidak jauh. Kampung Cinangneng mungkin bisa jadi merupakan tempat yang perlu dicoba.

Kampung Cinangneng berlokasi di Jalan Babakan Kemang RT 01/RW 02, Cihideung Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di tempat ini Anda bisa menikmati rasanya hidup dengan bernuansakan suasana perkampungan dikarenakan kondisi alam dan adat istiadat masyarakat yang ada di tempat ini masih terpelihara dengan baik.

Hamparan pesawahan hijau serta aliran sungai yang asri bisa membuat anda betah berlama-lama di Kampoeng Cinangneng ini, menikmati dan mengenal budaya serta kesenian daerah yang ada. Diantaranya ada kesenian wayang kuli, upacara adat dan tarian khas Sunda. Selain itu Anda tentunya diberikan kesempatan untuk ikut terlibat dalam aktivitas masyarakat berkebun dan bertani sambil menikmati hidangan khas kampung.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan dan nikmati, Anda bisa bermain dan belajar memainkan alat musik khas Sunda seperti alat musik Angklung. Selain itu juga Anda bisa merasakan langsung aktivitas yang biasa dilakukan oleh orang kampung seperti menanam, menggarap sampai memanen padi di sawah, memandikan hewan ternak, membuat makanan khas kampung, belajar menari, bahkan ikut bersama masyarakat dalam kegiatan ronda kampung.

Kampoeng Cinangneng mempunyai sebuah program unik bernama Tour Pulang Kampoeng, dimana Anda akan diajak berkeliling ke kampung sekitar dengan berjalan kaki. Anda bisa berkunjung ke toko souvenir khas Jawa Barat, melintasi sawah serta perkebunan, berkunjung ke tempat konveksi serta kerajinan bambu milik penduduk sekitar, menyusuri sungan dan menyebrangi sungai dengan tali, menanam bibit padi di sawah dan diakhiri dengan memandikan kerbau di sungai.

Rute Menuju Lokasi Kampung Cinangneng
Untuk dapat sampai ke lokasi Kampoeng Cinangneng ini tidaklah sulit. Jika Anda dari Jakarta, perjalanan bisa memakan waktu tempuh selama dua jam perjalanan dengan rute melalui Tol Jagorawi keluar di gerbang tol Bogor, ambil kanan ke arah Istana Bogor hingga Anda melewati gereja Katedral. Setelah itu Anda mengambil jalur ke arah Ciomas menuju ke kampus IPB Darmaga. Tak jauh dari Kampus IPB Darmaga Anda bisa menemukan plang nama yang menunjukan arah lokasi Kampoeng Cinangneng.