Wisata Jabar

Robby Darwis dan Susi Susanti Dikukuhkan sebagai Duta PON XIX/2016 Jawa Barat



Untuk menyambut penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX pada September 2016 nanti,  pemain legenda Persib Robby Darwis, pebulutangkis asal Tasikmalaya Susi Susanti, dan Ivana Lie, bersama sejumlah atlet berprestasi Jawa Barat (Jabar) lainnya, dinobatkan menjadi Duta PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016. Pengukuhan Duta PON ini digelar pada acara Chef de Mission Meeting di Bandung. Penobatan Duta PON XIX/2016 itu dilakukan di hadapan para pimpinan dan perwakilan Kontingen dari 34 Provinsi yang akan menjadi peserta PON XIX/2016 yang akan digelar 9-21 September 2016 itu.

Robby Darwis adalah mantan pemain Persib yang berposisi sebagai stoper (bek tengah). Pada musim pertama Liga Indonesia, Kang Robby membawa Persib menjadi juara sebagai kapten tim. Darwis pernah pula bermain di Liga Malaysia, memperkuat Kelantan FC. Di tim nasional Indonesia (1987-1997), ia tampil sebanyak 53 kali dan mencetak 6 gol.

Duta lainnya yakni Susi Susanti adalah peraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Selain itu, ia pernah juga meraih medali perunggu di Olimpiade Atlanta 1996. International Badminton Federation (sekarang Badminton World Federation) pada bulan Mei 2004 memberikan penghargaan Hall Of Fame kepada Susi Susanti.

Sosialisasi PON XIX
Tugasnya, para Duta PON tersebut akan mensosialisasikan PON kepada masyarakat Indonesia sekaligus mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mensukseskan perhelatan itu. Selain melakukan sosialisasi, mereka juga memberikan inspirasi kepada atlet muda untuk berprestasi seperti mereka, sekaligus spirit untuk tampil maksimal di ajang PON XIX/2016.

Pada kesempatan itu juga diperkenalkan kaos dan sejumlah cinderamata resmi PON XIX/2016 termasuk plakat PON XIX/2016 yang dilengkapi dengan mozaik batu akik. Pada penyelenggaraan PON XIX/2016, Jabar membumikan motto "Berjaya di Tanah Legenda" yang memiliki makna luhur untuk bisa menorehkan prestasi tertinggi di Tanah Pasundan yang melegenda.

Kegiatan Chef de Mission Meeting yang pertama digelar oleh PB PON XIX/2016 Jabar itu dihadiri oleh sejumlah gubernur dan wakil gubernur, Ketua Umum KONI Pusat, Ketua PP NPCI, serta seluruh stakeholder olahraga nasional lainnya.