Wisata Jabar

Menikmati Ketenangan di Puncak Guha, Garut





Jika berbicara soal tempat wisata, memang Kota Garut pantas menjadi sorotanya. Karena di Kota Garut ini begitu kaya akan tempat wisata yang sangat menarik. Jika disebutkan satu persatu mungkin amatlah banyak. Salah satu daya tarik wisata yang ada di Garut adalah wisata pantai nya itu sendiri. Wilayah Garut yang luas dan memiliki garis pantai yang lumayan panjang tentunya memiliki segudang tempat wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Garis pantai Garut dimulai dari Kecamatan Cibalong - Caringin. Pantai Cijeruk Indah dan Pantai Karang Paranje (Kecamatan Cibalong). Pantai Sayang Heulang (Kecamatan Pameungpeuk). Pantai Santolo, Pantai Gn. Geder, Pantai Karang Papak, Pantai Manalusu (Kecamatan Cikelet), Pantai Cicalobak (Kecamatan Mekarmukti), Puncak Guha (Kecamatan Bungbulang) dan disebelah barat ada Pantai Rancabuaya (Kecamatan Caringin).

Salah satu pantai yang memiliki pemandangan yang cukup indah dan memikat hati adalah Puncak Guha. Puncak Guha merupakan sebuah semenanjung kecil berupa tebing yang dibawahnya terdapat Guha (Goa) tempat ribua kelelawar (lalay) hidup yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Kala senja, ribuan lalay itu mulai keluar guha untuk mencari makan.

Keluarnya lalay dari guha menjadi atraksi tambahan bagi Anda yang tengah menikmati sunset di semenanjung Puncak Guha. Jadi, jangan lupa membawa kamera.

Akses Menuju Lokasi
Puncak Guha berjarak ± 130 km dari Garut kota via Cikajang-Pameungpeuk-Cikelet-Puncak Guha. Jalur ini Jalannya lumayan bagus. Bisa menggunakan jalur Bungbulang berjarak ± 90 km dari Garut kota via Cikajang-Bungbulang. Jalur ini jalannya banyak yang berlubang.

Jika menggunakan jalur pameungpeuk akan melalui beberapa pantai dan pemandangan yang sangat indah karena menyusuri pesisir pantai selatan. Melewati Pantai Santolo, Pantai Manalusu, Pantai Karang Papak, Pantai Cicalobak. Selain itu, akan melewati puluhan Jembatan Baja dengan pemandangan yang luar biasa. Perpaduan jembatan, sungai, sawah dan pesisir pantai.

Daya Tarik Puncak Guha
Pertama kali menginjakan kaki di tempat ini, suasana begitu enak untuk dinikmati. Sebelumnya, Anda akan melewati padang savana (rumput) begitu membelokkan kendaraan. Selepas pintu gerbang, pemandangan padang rumput menyambut Anda. Terus berjalan ke atas, Anda akan menemukan lapangan parkir yang menghadap ke laut (Samudera Hindia).

Begitu sampai ke puncak, ada keheningan dan ketenangan sesampainya di Puncak Guha ini. Lautan yang Luas, angin laut yang kencang, pesisir pantai yang eksotis, tebing yang curam dengan ombak yang besar.

Anda bisa bersantai di padang yang luas sambil menikmati hembusan angin laut yang sejuk. Anda pun bisa memanfaatkan gazebo yang sengaja dibangun pengelola. Selain itu, Anda bisa menikmati keindahan pantai Selatan Garut langsung dari bibir puncak Guha. Jangan takut, di sana sudah terbangun pagar yang akan jadi penahan Anda.

Untuk masuk ke puncak guha bisa memarkirkan mobil atau kendaraan tepat di puncak guhanya. Di Pintu Gerbang yang terbuat dari Portal, pengunjung hanya membayar Rp 5.000 untuk satu motor, dan Rp 10.000 untuk mobil. Inipun dikelola sama penduduk setempat. Saking sepi dan tenangnya, di Puncak Guha bahkan tidak akan ditemui satupun pedagang yang menjajakan makanan.