Balong Geulis, Destinasi Wisata Instagramable Buat Liburan Keluarga di Sumedang


Bila Anda dan keluarga ingin menikmati wisata alam kekinian di Sumedang, datanglah ke kawasan wisata Balong Geulis di Dusun Cibubut, Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel. Kawasan wisata ini menyajikan fasilitas kolam renang dengan paduan kebun teh dan kebun kopi yang akan memanjakan pengunjung untuk berselfie ria.

Untuk menuju  ke Balong Geulis, pilihan akses bisa dari Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang, hanya saja jalannya memang rusak. Rute lainnya dari Juru Tilu atau pertigaan Polsek Cibugel, lurus mengikuti jalan yang sudah dihotmix ke arah Desa Jaya Mekar, Kecamatan Cibugel. Tempat wisata yang telah dibuka pada Juni 2020 ini memasang tarif masuk Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Selain bisa menikmati keindahan alam di sekitaran Balong Geulis, pengunjung pun bisa menjajal kopi khas Cibubut, Kopi Geulis.  Area wisata Balong Geulis sendiri berada di ketinggian 1.154 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar pengunjung. 

Area Balong Geulis ini merupakan lahan milik pribadi seluas 1.7 hektar. Saat ini masih dalam tahap pengembangan secara bertahap. Di sini terdapat beberapa destinasi unggulan yang sudah siap dinikmati pengunjung seperti, kolam renang, camping ground, tempat bermain anak-anak dan lain sebagainya. 

Nantinya, akan dilengkapi juga dengan penginapan keluarga dan fasilitas lainnya. Tak hanya itu, sajian makanan khas sunda seperti nasi liwet, timbel komplit, dipastikan akan memanjakan lidah para pengunjung saat berada di Balong Geulis. Paket nasi liwet dan timbel di sini sangat terjangkau, mulai dari harga Rp15.000 hingga Rp35.000.

Buat yang penasaran dengan tempat wisata Balong Geulis yang lagi ngehist di Sumedang ini, bisa pantau akun IG @balonggeulis_official.