Wisata Jabar

Semarak Wayang Ajen Digelar di Cibalong Tasikmalaya



Wayang Ajen di Cibalong Tasikmalaya

Pertunjukan spektakuler ”Semarak Wayang Ajen” digelar di di Lapangan Bola Desa Singajaya, Cibalong, Tasikmalaya, pada Sabtu, 1 Desember 2018. Masyarakat terlihat sangat menikmati pertunjukan dari Ki Dalang Wawan Ajen. Dengan adanya pertunjukan wayang ajen diharapkan masyarakat Cibalong mendapatkan dampak ekonomi yang positif.

"Wayang Ajen ini memang fenomenal. Selalu mampu memberikan atraksi yang keren disetiap pertunjukannya. Makanya Wayang ini selalu diundang untuk tampil di luar negeri," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (30/11).

Kolaborasi unsur pertunjukan
Keunikan memang selalu ditawarkan Wayang Ajen. Wayang yang didalangi oleh Ki Dalang Wawan Gunawan itu menggunakan berbagai perpaduan ciamik. Kolaborasi wayang golek, multimedia, komposisi musik, dan seni lainnya menjadikannya layak untuk selalu ditunggu.

Wayang ini juga didukung penataan artistik panggung, keserasian tata cahaya, serta kostum yang harmonis. Bahasa yang digunakan pun tidak kaku. Hingga Wayang ini digandrungi juga oleh kaum millenial.

Event pertunjukan seni budaya ini didukung penuh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Kegiatan ini pun sebagai salah satu strategi untuk mencapai target mengangkat potensi wisata daerah. Seperti diketahui, pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling meningkat pesat dalam empat tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Sektor pariwisata tumbuh begitu pesat sehingga pemerintah berani memproyeksikan sektor pariwisata yang akan menjadi penyumbang devisa terbesar pada 2019.

“Diharapkan pada tahun 2020 bisa melampaui CPO (minyak sawit mentah), ini menjadi motor penggerak perekonomian Indonesia. Dan yang paling kita senangi, pariwisata ini bisa menetes sampai ke bawah efeknya,” Ujar Presiden Jokowi.

Penerimaan devisa dari sektor pariwisata terus meningkat sejak 2015. "Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pariwisata tercepat nomor 9 di dunia, di Asia nomor tiga dan ASEAN nomor satu," Ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Tasik Bersholawat di Cikatomas
Sebelumnya, dalam rangka mempromosikan dan mengembangkan wisata religi di Tasikmalaya, Kementerian Pariwisata menggelar acara Tasik Bersholawat. Pada tanggal 30 November 2018 di Masjid Besar Cikatomas, Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya.
.
Rangkaian acara Tasik Bersholawat yaitu Dzikir Akbar, Manaqib, dan Tabligh Akbar. Acara ini menghadirkan Tuan Syeikh Abdul Qodir Al Jailani atau yang biasa di kenal Pangersa Abah Aos Ra.Qs. dari Pesantren Sirnarasa.


share to whatsapp