Wisata Jabar

Inilah Rekayasa Lalu Lintas Jalur Puncak dan Tol Cikampek Libur Tahun Baru

share to whatsapp



Rekayasa jalur Puncak tahun baru 2019

Saat momen liburan akhir tahun, kawasan Puncak Bogor biasa jadi destinasi favorit wisatawan terutama dari arah Jakarta. Tak heran bila banyaknya arus kendaraan membuat kemacetan di beberapa titik. Untuk mengantisipasi hal etrsebut, saat perayaan Tahun Baru 2019 jalur ke arah Puncaka kan dilakukan penutupan jalanan selama 12 jam.

Dilakukan pada 31 Desember 2018
Untuk ke arah jalur Puncak, nanti di malam tahun baru mulai dilakukan rekayasa lalu lintas dari pukul 6 malam sampai 6 pagi. Penutupan jalur itu dilakukan pada 31 Desember 2018. Namun, nantinya yang diperbolehkan lewat hanya warga sekitar. Selain itu, beberapa jalur menuju Puncak merupakan daerah rawan longsor.

Petugas pun juga sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas hingga menyiapkan alat berat mengantisipasi adanya longsor. Sistem buka-tutup rencananya akan dilakukan bila arus lalu lintas padat sekali. Sementara untuk kendaraan besar tidak boleh lewat sampai sekarang, baik di Riung Gunung maupun yang ke arah Cianjur.

Pengaturan lalu lintas ruas tol Jakarta-Cikampek
Sementara untuk menghadapi masa liburan akhir tahun, seluruh pekerjaan proyek di Tol Jakarta-Cikampek. Penghentian ini selama liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang akan dimulai pada tanggal 19 Desember 2018.

Pemberhentian itu berdasarkan instruksi dari Kementerian Perhubungan. Tiga proyek pekerjaan di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) antara lain light rail transit (LRT), elevated, kereta cepat, hingga rehabilitasi jalan.

Fokus lainnya juga menyangkut rest area di Tol Japek yang kini sudah dilengkapi papan informasi. Papan informasi itu akan memudahkan para pengendara bila hendak memasuki dan beristirahat rest area.

Melalui papan informasi tersebut, pengguna jalan tol bisa melihat bagaimana kapasitasnya dan kapan apakah bisa menentukan istirahat di sini rest area terdekat atau rest area berikutnya. Dengan demikian, tidak ada pengguna jalan yang terjebak yang niatnya istirahat mau makan, tapi malah berputar-putar karena tidak ada informasinya.


share to whatsapp