Wisata Jabar

Geopark Pongkor Bogor, Destinasi Wisata Unggulan Terbaru di Jawa Barat



Geopark Pongkor Bogor

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang didampingi oleh Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Bapak Dadang Rizki Ratman beserta rombongan menghadiri acara Penyerahan Sertifikat Geopark Nasional di Geopark Pongkor di Kawasan Wisata Alam Cikaret (Kawaci), Nanggung, Jawa Barat, pada Jumat (30/11/2018)

Kehadiran rombongan langsung disambut dengan prosesi tradisi adat kebudayaan (Sunda) Jawa Barat, Lengser dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Tegar Beriman yang merupakan Lagu Mars Kabupaten Bogor, dipimpin oleh Guru dari Nanggung yang menjadi Dirgen.

Lokasi bekas pertambangan
Geopark Pongkor sendiri berada di area lahan yang merupakan lokasi bekas pertambangan di Desa Bantar Karet, Nanggung, Bogor. Masa operasi produksinya habis pada 2021. Nama Pongkor berasal dari Gunung Pongkor yang merupakan gunung api purba dengan status gunung tidak aktif sejak 30 juta tahun silam. Tim Geologi Pakuan yang merupakan salah satu penyusun Geopark Pongkor menerangkan bahwa nama Pongkor memiliki nilai lebih dari segi geologi dibanding pilihan nama-nama lainnya.

Geopark Pongkor sendiri dilengkapi sebagai kawasan agroedutourism di kawasan Nanggung. Sebelumnya, di wilayah ini, ada Goa Gudawang, Curug Cigamea dan Curug Seribu Malasari. Geopark Pongkor membentang di 15 kecamatan dengan luasan sekitar 135 hektare. Kawasan lembah dan dataran yang ada di 15 kecamatan dan 72 desa ini sangat layak menjadi objek wisata seperti Pabangbon, Kebun Teh Cianten, Curug Seribu, Curug Cigmaea, Kawah Ratu, Curug Nangka, Curug Cikawung, Curug Berundag, Curug Sawer, Bukit Cibodas, Gua Gedawang, Gunung Dahu, Gunung Dango. Curug Cibiit, dan lainnya.

Wisata pendidikan
Geopark Pongkor pun jadi fasilitas pendidikan dimana di sekitar area, terdapat berbagai tanaman dan satwa langka yang bisa dijadikan obyek edukasi.Geopark Pongkor memiliki 30 geosite yang bisa dikembangkan, diantaranya situs geologi, museum tambang emas, air terjun (curug) yang menawan, kampung adat, pemandian air panas, danau, goa, hingga hamparan sawah yang membentang luas.

Museum tambang emas Pongkor
Untuk wisata tambang, di sini PT Antam membuat Museum Tambang Pongkor. Wisatawan saat ini sudah bisa berwisata edukasi dan masuk ke dalam lobang penambangan emas. Keberadaan museum tambang bawah tanah merepresentasikan aspek edukasi melalui transfer pengetahuan tentang aktivitas operasional penambangan, sekaligus pengolahan bijih emas, dan berbagai kegiatan penunjang lainnya.

Panjang satu lobang penambangan emas memiliki jarak sekitar 500 meter sampai 2,5 kilometer. Setiap satu lobang terdapat satu kantin atau rest area untuk para pekerja istirahat, makan, sholat, mandi, maupun cuci.


share to whatsapp