Wisata Jabar

Batu Mahpar Galunggung, Destinasi Wisata Alam Eksotik di Tasik



Wisata Batu Mahpar Galunggung Singaparna

Bila Anda ingin melepas kepenatan aktivitas sehari-hari dengan menikmati suasana alam nan sejuk dan eksotik, inilah tempatnya. Nama objek wisata alam Batu Mahpar kini jadi destinasi pilihan para wisatawan yang melancong ke kawasan Priangan Timur. Lokasinya sendiri terletak di kaki Gunung Galunggung, tepatnya di Kampung Pangkalan, Desa Sukamulih, Kec. Sariwangi, Kab. Tasikmalaya.

Untuk menunjang kenyamanan wisatawan, kawasan wisata Batu Mahpar yang terdiri dari sajian utama wisata air sungai, air terjun, dan indahnya bebatuan kini sudah dibenahi dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang di antaranya rumah pohon, tugu kujang, batu cinta, taman cinta, pintu pangit, saung botram, kolam renang, hingga bumi perkemahan. Tempat wisata ini sangat cocok buat kunjungan wisata keluarga.

Salah satu fasilitas yang jadi favorit pengunjung adalah kolam renang. Di Batu Mahpar terdapat dua kolam renang dimana satu kolam renang untuk anak-anak yang tingginya kurang lebih setengah meter dan kolam renang untuk dewasa dibagi menjadi dua, yang satu tingginya 1.5 meter dan yang kedua tingginya 2 meter. Untuk harga tiketnya? Tenang sanga terjangkau kok.

Kawasan wisata Batu Mahpar sendiri menyajikan sajian bentang alam berupa sungai yang dasarnya adalah batu yang sangat lebar sepanjang sungai sampai sisi yang merupakan bekas aliran lava yang mengeras menjadi batu. Adapun hulu sungai ini berukuran kecil hanya memiliki lebar 5-7 meter yang disambung dengan lebar sungai menjadi 10 meter dan memiliki panjang sekitar 400 meter, untuk selanjutnya menuju jurang yang dalam sekali yang memilik kedalaman sekitar 80-90 meter.

Rute ke wisata alam Batu Mahpar
Lalu untuk akses ke Batu Mahpar bisa dari Sukaraja ke arah Jln. Cibalanarik-Mangunreja smapai Polres Mangunreja belok kanan menuju arah Alun-alun Singaparna. Setelah gapura "Selamat Datang di Leuwisari"lanjut menuju ke Sariwangi. Di lokasi SMK Al-Huda Sariwangi sudah dekat dimana mentok di pangkalan ojeg depan masjid.

Ambil arah kanan ke Jln. Sukamulih, lurus terus dan ikiti jalan. Di sepanjang perjalanan ada petunjuk yang menunjukan arah menuju Wisata Alam Batu Mahpar Galunggung. Untuk kolam renang Batu Mahpar ada di perbukitan. Lokasinya sangat cocok buat tempat selfie.

Harga tiket terbaru wisata alam Batu Mahpar
Untuk harga tiketnya:
Tiket masuk: Rp10.000
Tiket kolam renang Rp10.000
Parkir motor Rp2.000
Parkir mobil Rp5.000
Jam operasional: pkl. 08.00 s.d. pkl. 17.00 WIB.


share to whatsapp