Inilah Rute Kirab Obor Asian Games 2018 di Kota Bandung



Pada Sabtu dan Minggu, 11-12 Agustus 2018, obor Asian Games 2018 akan diarak di Kota Bandung. Rencananya, Wakil Wali Kota Oded M. Danial yang pertama menyambut obor dalam antusiasme dan kemeriahan sambutan warga Bandung.

Obor yang dibawa dari Purwakarta akan masuk melalui pintu tol Pasteur yang dianatr 20-an mobil pengiring, direncanakan tiba pukul 08.30 WIB, Sabtu (11/8/2018). Di area pintu tol, Mang Oded dan sejumlah seniman bersama warga akan menyambutnya.

Hal ini dikemukakan dalam program Bandung Menjawab yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung Dodi Ridwansyah, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Aswin Sulaeman, dan Kepala Seksi Pengembangan Produk Budaya dan Kesenian Disparbud Kota Bandung, Titin Kuswiatin, di Taman Sejarah Kota Bandung, Kamis (2/8/2018).

Untuk memeriahkan acara, akan ada tetabuhan instrumen musik dan persembahan Tari Merak sebagai sambutan selamat datang. Selain ada kesenian, berbagai iring-iringan komunitas juga sangat antusias ingin memeriahkan acara. Dodi bahkan sampai bingung untuk mengakomodasi animo yang tinggi itu. Animo masyarakat banyak yang ingin menjadi bagian dari konvoi. Ada Bandros, komunitas sepeda, komunitas motor, dan lainnya..

Rencananya, iring-iringan pengantar obor akan diarahkan sementara untuk menunggu di Jalan Soeria Soemantri. Saat obor melintas di Jalan Pasteur, iring-iringan bisa langsung mengikuti. Setelah melalui prosesi seremonial, obor akan langsung dibawa secara estafet oleh para pelari. Telah ada 20 orang tokoh olahraga Kota Bandung yang akan membawa obor tersebut secara bergiliran. Ada beberapa yang sudah konfirmasi, yaitu Ricky Subagja, Djadjang Nurdjaman, dan Supriati Sartono.

Selain ketiga tokoh olahraga itu, masih ada tokoh lain yang tengah dikonfirmasi untuk menjadi pembawa obor. Salah satunya adalah Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Maryoto.

Para pembawa obor rencananya akan melewati lintasan sepanjang 10 km, sehingga tiap-tiap pembawa obor akan berlari sejauh 500 m. Dari Pasteur, obor akan melewati Jalan Surapati, Lapangan Gasibu, Jalan Sentot Alibasyah, Jalan Cilaki, Jalan Cimandiri, Jalan Cimalaya, dan berakhir di Gedung Sate. Setelah di Gedung Sate akan ada prosesi dari Provinsi Jawa Barat. Obor akan menginap semalam dan esoknya langsung ke Garut.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS