Wisata Jabar

Menikmati Kesejukan Alam Pedesaan di Desa Wisata Cibuntu Kuningan




Bila Anda ingin rehat sejenak dari segala rutinitas yang bikin badan dan pikiran capek, kembali ke alam pedesaan bisa jadi pilihan. Kesejukan dan ketenangan alam pedesaan nan permai biasanya menjadi obat pikiran dan batin yang membawa pada suasana kedamaian. Bila ingin merasakan hal tersebut, cobalah Anda berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu, Kab. Kuningan.

Desa wisata ini lokasi persisnya di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan. Udara sejuk menjadi ciri khas di kawasan ini. Tak hanya situs peninggalan zaman dulu, Cibuntu memiliki sumber air yang disebut Sumber Kahuripan. Desa tersebut letaknya di lereng gunung sehingga wisatawan dapat melihat indahnya pemandangan Gunung Ciremai.

Wisatawan pun banyak yang berbondong-bondong mengunjungi desa wisata ini untuk menikmati alam pedesaan juga ada yang belajar seputar pengelolaan tentang desa wisata di sini. Desa wisata ini diluncurkan pada 2012 lalu. Desa wisata ini menyajikan kenyamanan, kebersihan, serta keramahtamahan penduduknya. Setiap tamu yang berkunjung ke sini dijamu dengan tradisi lokal yang ada di sini.

Gagasan menjadikan Cibuntu sebagai desa wisata berawal dari penelitian tiga mahasiswa Universitas Trisakti. Dari hasil penelitian itu, mahasiswa Trisakti menyimpulkan bahwa Cibuntu memiliki potensi besar dalam bidang kepariwisataan.

Kini, Desa Cibuntu pun semakin dikenal bukan saja di tingkat lokal namun sampai tingkat internasional. Desa wisata ini meraih penghargaan terbaik di ASEAN 2016. Desa Wisata Cibuntu dinobatkan menjadi desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay.

Sementara di 2017 ini, Cibuntu terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia. Sebelumnya, Desa Cibuntu merupakan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang meraih penghargaan tingkat nasional.

Jumlah penduduk di desanya hanya seribuan orang. Namun masyarakatnya kompak untuk mewujudkan Cibuntu sebagai desa wisata. Pembinaan terhadap masyarakat desa tentang sapta pesona wisata, menurut dia, salah satu hal yang penuh perjuangan. Desa Wisata Cibuntu memiliki puluhan homestay yang bersih. Wisata bumi perkemahan dan situs memiliki daya tarik bagi para wisatawan. Di sini pun tersedia kolam renang.

Di kawasan ini ada barisan hutan pinus yang sangat eksotis.  Aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan dari mulai sepeda gunung, agrowisata  hingga wisata sejarah, semua bisa dilakukan di sana. Sementara di homestay menyajikan berbagai macam kuliner khas Desa Cibuntu.

Keberadaan desa tersebut merupakan ujung desa dan berada di lereng Gunung Ciremai, jadi setelah Desa Cibuntu selanjutnya merupakan hutan pinus yang merupakan area hutan Gunung Ciremai.Untuk menuju ke desa Cibuntu kalau rute dari Cirebon tahapannya adalah: Cirebon - Sumber (Plangon)-Mandirancan-Paniis-Cibuntu dengan jarak tempuh +/- 30km.

Selain Mata Air Cikahuripan, di desa itu juga terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian lebih dari 25 meter. Air terjun ini dinamakan Curug Bongsreng, apalagi di tepian air terjun sudah dibangun tempat duduk dari semen yang melingkar mengitari. Belum lagi di kanan air terjun juga terdapat sebuah danau yang dinaungi pohon besar.