Wisata Jabar

West Java Eco Marathon 2017, Ajang Promosi Wisata Alam Jawa Barat




West Java Eco Marathon (WJEM),2017 telah digelar di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. West Java Marathon adalah event olahraga lari untuk mendukung promosi wisata alam Jawa Barat. Event tahunan ini diselenggarakan untuk pertama kali di tahun 2017 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Dengan latar belakang perkebunan PTPN VIII Bandung Selatan, membawa tantangan dan petualangan baru berlari di udara dingin di ketinggian 1.100 - 1.750 meter dpl dengan trek sepanjang 42 km. Para peserta berlari melintasi trek pegunungan, perkebunan teh, dan permukiman warga yang berada di sejumlah desa di Kecamatan Pangalengan.

WJEM merupakan kaloborasi antara olahraga dan menjaga lingkungan. Kegiatan sport tourism yang dilaksanakan pada Minggu, 15 Oktober 2017 tersebut dilepas oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan untuk etape 5 dan 10 km. Sementara untuk titik kumpul yakni di Lapang Babakan Tanara, Desa Banjarsari. Start dan finish di Desa Banjarsari. Para pelari mendapat sensasi berbeda ketika berlari karena melewati bukit; Perkebunan Teh Malabar, Kertamanah, dan Cinyiruan;  hingga area Geothermal Wayang Windu di Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Tiga pelari asal Kenya berhasil menjuarai etape 42 km West Java Eco Marathon. Juara pertama diraih Wilson Kipsang Kiprotich dengan waktu 2 jam 56 menit. Sementara kedua, James Ginga Karanja dengan waktu tempih 3 jam 10 menit dan ketiga Geoffrey Kiprotich Birqen 3 jam 11 menit. Kipsang berhasil memenangkan uang tunai Rp 50 juta. Bagi Kipsang, ini merupakan dua kalinya menjuarai lomba maraton di Indonesia, sebelumnya ia pernah ikut lomba lari di Jakarta.

Pada event lomba lari ini  diikuti sebanyak 1.470 peserta. Tampak pula istri gubernur Jawa Barat, Netty Prasetiyani Heryawan mengikut lomba lari dengan mengambil kategori 10 km. Perlombaan lari yang baru pertama kali diselenggarakan ini dibagi menjadi empat etape yaitu 5 km, 10 km 21 km dan 42 km. Untuk pemberangkatan etape 42 km dilaksanakan pukul 06.15 WIB, 21 km pukul 06.30, 10 km pukul 07.00 WIB dan 5 km pukul 07.30 WIB.

share to whatsapp