Pesona Keindahan Beningnya Telaga Nila Majalengka

Majalengka mempunyai aneka tempat wisata alam yang belum terekspos dan dikelola dengan maksimal. Beberapa objek wisata alam seperti air terjun, danau, hingga pemandangan alam pegunungan adalah potensi tersembunyi di majalengka. Salah satunya objek wisata alam ini yang kian hari semakin ngehits. Para  netizen banyak yang mengunggahnya di media sosial.

Namanya Telaga Nila yang mulai terangkat di media sosial tahun 2015 kemarin. Ukuran telaga memang tidak terlalu besar dengan panjang 80 meter dengan lebar sekitar 18-20 meter saja. Telaga nan jernih berwarna kebiruan dengan pepohonan dan tumbuhan di sekelilingnya. Telaga ini punya julukan-julukan oleh netizen seperti Danau Tosca, Telaga Biru, hingga Blue Lagoon.  Selain Talaga Nila di kawasan ini pun ada Talaga Loa dan Talaga Beunteur di Desa Padaherang.

Tempat wisata di Kawasan Wisata Sindangwangi (Kawit Wangi) memang menjadi primadona tersendiri bagi para wisatawan selain Telaga Herang. Beberapa tempat wisata lainnya  Telaga Cikuda, Curug Cipeuteuy, Situ Bulakan, Bumi Perkemahan, Agropolitan, Kolam Renang/Water Boom, Kerajinan Anyaman dan Ukiran

Bagi Anda yang senang touring dengan motor, kali-kali bisa menjajal menyambangi tempat wisata Talaga Nila ini. Namun yang pasti tetap selalu menjaga keasrian alam dengan menjadi wisatawan yang smart dan beretika serta mencintai lingkungan. Jangan sampai tempat wisata yang masih sangat alami ini terkontaminasi oleh perlakuan yang kurang menjaga kelestarian lingkungan.

Rute ke Telaga Nila
Talaga Nila berlokasi di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
Untuk akses dan rute menuju lokasi terbilang cukup mudah dengan kondisi jalan yang baik dan banyak pilihan. Objek wisata di selatan Talaga Herang Sindangwangi ini untuk jalur bisa ditempuh dari:

1. Arah Bandung
Bandung - Majalengka - Rajagaluh.

2. Jalur Tol Cipali
Bila perjalanan Anda dari arah Jakarta atau arah barat, bisa melalui Tol Cipali - keluar gerbang tol Sumberjaya - Rajagaluh - Blok Heuleut, Desa Padaherang, Kec. Sindangwangi.

3. Jalur Pantura
Pilihan lainnya lewat jalur Pantura melalui Jalur Pantura (Jalan Raya Cijelag – Jalan Raya Ujungjaya Cikamurang) dan turun di Kecamatan Tomo. Ikuti jalan utama Tomo – Jatiwangi hingga masuk ke Jalan Raya Cirebon – Palimanan - Palasah - setelah Masjid Palasah - ke kanan di persimpangan setelah Masjid Palasah - ikuti terus jalan utama hingga tiba di persimpangan - ke kanan kemudian ambil kiri di persimpangan - belok kanan di persimpangan Desa Heluleutweragati, Kecamatan Leuwimundung - ikuti terus jalan utama hingga tiba di persimpangan - arah kiri kemudian belok kanan tepat di persimpangan Jalan Raya Rajagaluh – Leuwimunding - melewati SMAN 1 Rajagaluh -ke kiri di persimpangan Rajagaluh – Luwimunding - kanan di persimpangan - jalan utama hingga tiba di persimpangan pertama - belok kiri kemudiang langsung belok ke arah kanan - ikuti kembali jalan utama hingga di persimpangan kedua - ambil arah ke kiri- lokasi.

4. Jalur arah Jawa Tengah
Keluar di Pintu Tol Kanci sebelum masuk Pintu Tol Palimanaa - Jalan Raya Sumber Cirebon - Jalan Nyi Ageng Serang - dari pintu tol Palikanci diperkirakan jarak tempuh sekitar 21 km ke lokasi.