Wisata Jabar

Majukan Pariwisata Jabar Selatan, Pemerintah Kembangkan Akses Transportasi Udara




Potensi pariwisata Jawa Barat selatan, terutama daerah Pangandaran dan Tasikmalaya, kian hari kian menarik perhatian para pelancong. Apalagi tempat rekreasi Pantai Pangandaran yang setiap tahunnya dikunjungi lebih dari 1,5 juta wisatawan mancanegara. Itu belum jumlah wisatawan dalam negeri yang menjadikan Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, dan sekitarnya sebagai destinasi wisata favorit saat musim liburan.

Begitu pula objek wisata di Tasikmalaya kini banyak diminati dengan terangkatnya potensi tempat-tempat wisata seperti curug (air terjun) juga pantai nan indah. Sayangnya, untuk mencapai tempat wisata di Pangandaran dan Tasikmalaya selatan menuntut para wisatawan untuk mengeluarkan tenaga dan waktu ekstra. Maklum saja, ke Pangandaran dan Tasikmalaya selama ini hanya bisa dijangkau melalui jalur darat. Belum lagi kondisi jalannya yang berkelok-kelok, naik turun, rawan longsor, dan rawan jalan rusak dengan rute jalur perbukitan.

Selain potensi wisata, seperti halnya Pangandaran juga mempunyai potensi hasil laut yang jika dikembangkan akan lebih dikenal dan menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat. Adapun di luar akses jalan, untuk fasilitas wisata di Pantai Pangandaran, salah satunya, bisa dibilang cukup ideal. Hal ini dengan telah lama hadirnya hotel-hotel dan penginapan, wahana wisata, juga para penyedia jasa perjalanan (travel agent) sampai sentra suvenir yang sudah lama berdiri. Namun, faktor akses dari kota lain ke Pangandaran menjadi problem tersendiri karena belum ada jalur alternatif lain kecuali menggunakan jalur darat.

Bandara Nusawiru dan Pelabuhan Bojongsalawe
Inilah yang mengundang pemerintah pusat untuk segera membenahi alternatif akses transportasi ke Pangandaran dan Tasikmalaya. Pada Sabtu (12/11/2016), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Bandara Nusawiru di Pangandaran. Pada kunjungan tersebut, Menhub Budi Karya melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Anggota Komisi V DPR RI Nurhayati, Kadishub Provinsi Jawa Barat Dedy Taufik, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dalam kunjungan tersebut dibahas tentang rencana pengembangan Bandara Nusawiru. Menhub pun akan segera mengeluarkan izin untuk penerbangan reguler ke Bandara Nusawiru.  Pada kesempatan tersebut, Menhub Budi dan Menteri KKP Susi sempat meninjau lokasi proyek pembangunan Pelabuhan Laut Bojong Salawe yang hanya berjarak 1 km dari Bandara Nusawiru.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo menyerahkan Sertifikat Bandara Nusawiru kepada Pemprov Jawa Barat melalui Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik. Bandara Nusawiru saat ini dikelola oleh Pemprov Jawa Barat. Dengan diserahkannya Sertifikat Bandara Nusawiru maka saat ini Bandara Nusawiru telah dapat beroperasi.

Bandara Wiriadinata akan Jadi Bandara Komersial
Selain kunjungan ke Pangandaran, Budi Karya Sumadi  juga meninjau Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya. Bandara yang kini biasa dijadikan lapangan udara militer tersebut akan segera dibuka untuk penerbangan reguler. Pemda Tasikmalaya dan Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Wiriadinata sedang berupaya menyelesaikan beberapa persyaratan agar bandara bisa digunakan oleh pesawat komersial.

Bila di Tasikmalaya sudah ada fasilitas bandara yang memadai, ini akan berimbas pada kunjungan wisatawan. Kemudahan akses lewat jalur udara tentunya akan lebih menghemat waktu dibanding jalur darat. Imbas lainnya, potensi wisata di Tasikmalaya, baik di pusat kota maupun pasisian, akan merasakan dampaknya. Apalagi Tasikmalaya sudah sangat mendukung bila jadikan salah satu kota unggulan dalam sektor wisata.

Di pusat kota Tasikmalaya sendiri dari dulu sudah dikenal sebagai sentra belanja seperti kerajinan, produk bordiran, hingga wisata kuliner. Sementara potensi lainnya adalah wisata alam yang tak kalah daya jualnya dengan kota lainnya. Tasikmalaya punya objek wisata Gunung Galunggung, danau-danau, hingga wisata seni budaya. Dan Tasikmalaya selatan kini sedang ngehits dengan wisata curug dan pantai yang terkenal indah, dari Curug Dengdeng hingga Pantai Karangtawulan yang eksetotis.