Wisata Jabar

Karacak Valley, Sajikan Pesona Keindahan Alam dan Wisata Air Terjun




Objek wisata alam makin hari makin digandrungi. Seiring dengan berkembangnya media sosial, beberapa tempat wisata pun satu demi satu terangkat ke ranah publik. Salah satunya objek wisata di Garut yang bernama Karacak Valley, sebuah kawasan perbukitan yang kini sedang ngehits terutama di kalangan anak muda. Tempat wisata di kawasan perkebunan kopi dan hutan pinus ini baru dibuka pada awal 2016. Lokasinya sangat cocok untuk swafoto (selfie) maupun prewedding.

Kawasan wisata yang berada di area Perhutani ini dikelola Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jayamandiri. Untuk luas lahan Karacak sekitar 92,8 hektare. Namun yang baru diuji coba untuk pengelolaan wisata hanya 10 hektare. Lokasi wisata ini menyajikan pemandangan alam nan indah dengan fasilitas di sekitarnya yang terbilang lengkap. Lebih dari itu, destinasi wisata Garut ini berbiaya murah meriah. Anda penasaran?

Pesona Curug Ngebul
Karacak Valley berada di Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut Kota. Suasana hutan pinus dengan penuh kesejukan akan menyambut para wisatawan. Dari sinilah, Anda bisa menyaksikan  lanskap Garut dari ketinggian, salah satunya dari spot Puncak Dogar yang jaraknya tak terlalu jauh dari pintu masuk. Untuk masuk ke Karacak Valley hanya ditarik retribusai tiket masuk Rp10.000 (dewasa) dan Rp5.000 (anak-anak).

Sementara objek wisata di Karacak yang banyak dikunjungi adalah air terjun. yang bernama Curug Ngebul. Curug Ngebul. Lokasinya berjarak satu kilometer yang dapat detempuh dengan berjalan kaki. Untuk dapat mengunjungi tempat ini, pengunjung harus menyiapkan stamina dan fisik yang baik, karena jalur menuju Curug yang relatif menanjak dapat menguras tenaga. Setelah melalui 20 menit perjalanan, pengunjung dapat melihat keindahan curug dari dekat. Air terjun ini juga menjadi salah satu spot selfie pilihan. Di area Karacak Valley pun ada fasilitas tracking, hiking, dan camping ground.

Rute ke Karacak Valley
Untuk ke sini, ambil rute Jln. Bratayudha, lalu belok ke Jln. Margawati. Lokasinya memang berada di Kecamatan Garut Kota. Sementara jarak tempuhnya dari pusat kota Garut kurang dari setengah jam. Anda pun bisa membawa kendaraan bermotor atau bersepeda gunung untuk menjajal ke lokasi wisata ini. Di sepanjangn perjalanan, kita melewati beberapa permukiman. Dan di samping kiri dan kanan menyajikan pemandangan hamparan sawah dan perbukitan dan dari kejauhan terlihat gagahnya Gunung Cikuray.

Bila menggunakan kendaraan umum, anaik angkot dari Terminal Guntur Garut dengan naik angkot 01 ataupun 02 jurusan Sukaregang dan Sukadana. Keduanya sama-sama melintasi ke pangkalan ojeg Margawati. Tiba di sana, tinggal naik ojek untuk menuju ke lokasi.