Wisata Jabar

12 Tempat Wisata Pilihan Bersama Keluarga di Bandung




Bandung merupakan kota favorit saat akhir pekan, masa libur sekolah, liburan akhir tahun, atau liburan saat Lebaran bagi keluarga. Berikut ini beberapa tempat yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin liburan bareng keluarga di tempat wisata yang ada, baik di pusat Kota Bandung, Bandung Utara (Lembang), maupun di kawasan Bandung Selatan (Ciwidey).

1. Trans Studio Bandung (TSB)
Inilah tempat wisata keluarga dengan konsep terpadu yang terletak di pusat kota. Trans Studio Bandung buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Tempat wisata yang ada di Jln. Jend. Gatot Subroto No. 289, Bandung ini menyajikan aneka wahana permainan dan petulangan yang cocok bagi anak-anak dan keluarga.

Di kawasan ini pun berpadu dengan hotel, mall, tempat kuliner, dan bioskop. Untuk reservasi dan informasi lengkap silakan kontak telepon: (022) 91099999 atau 081220900066 (hotline).

2. Rumah Hobbit Farmhouse Lembang
Inilah lokasi wisata yang sangat ngehits di Bandung. Salah satu spot menarik yang ada di sini dengan hadirnya rumah Hobbit yang biasa dijadikan latar untuk berfoto. Farmhouse Susu Lembang lokasinya tidak jauh dari Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ke arah utara sebelum pusat kota Lembang.

Di tempat wisata ini, pengunjung dapat berfoto dengan aneka hewan kecil yang dapat dipegang seperti iguana, anak landak, hingga sugar glyder. Kegiatan berfoto lainnya yakni dengan menggunakan kostum tradisional Eropa. Tempat ini memang ditata ala perdesaan Eropa, lengkap dengan ternaknya seperti kelinci, burung, biri-biri, sapi, dan kuda.

Pengunjung, khususnya anak-anak, bisa memberi makan, memegang, atau berfoto dengan binatang-binatang lucu ini. Bagi Anda yang hobi selfie, beberapa spot di sini yang bisa dijadikan sebagai latar buat selfie selain di Rumah Hobbit, di antaranya: pekarangan tempat sewa kostum (sewa kostum Eropa klasik Rp50.000 per 2 jam), curug (air terjun) mini, lapangan alun-alun, gedung serba guna, dan sungai gembok cinta.

3. Floating Market Lembang
Tempat wisata ini berada di belakang Grand Hotel Lembang, tepatnya di  Jln. Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Kab. Bandung Barat. Tempat wisata ini berkonsep danau dimana pengunjung bisa merasakan belanja di pasar terapung. Bagi anak-anak, di sini bisa menjajal aneka wahana sekaligus berpetualang di alam terbuka.

Salah satu spot menarik bagi anak-anak adalah Taman Miniatur Kereta Api. Di sini pun fasilitasnya terbilang lengkap untuk belanja sekaligus mencicipi kuliner. Untuk info lengkap silakan telepon ke (022) 2787766 / 082219228881.

4. Kampung Gajah Wonderland
Lokasinya berada di kawasan Cihideung yakni di Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Kab. Bandung Barat. Di Kampung Gajah ada 25 wahana dimana wahana unggulan untuk anak-anak di Kampung Gajah adalah Tubby Slide. Wahana ini diadopsi dari Italia, dan masih satu-satunya di Asia. Permainan berupa lintasan seluncuran ini tidak berakhir di air, tetapi di hamparan tanah dengan pelapis khusus yang tidak akan mencederai anak-anak.

Bagi Anda penggemar aktivitas luar ruangan bisa menjajal touring ATV, fun bike, segway, menunggang kuda, out bond, dan aktivitas menantang lain. Rekreasi anak bisa terpuaskan dengan arena bermain, mini flying fox, dan trek sepeda.  Untuk info lengkap silakan kontak 0888 84012.

5. Ciwidey Valley Resort
Tempat wisata keluarga ini berlokasi di Barutunggul Ciwidey KM 17, Rancabali. Jaraknya sekitar 500 meter sebelum kawasan wisata Kawah Putih. Di sini, fasilitas unggulannya ada kolam renang air panas dengan konsep volcano. Fasilitas lainnya ada penginapan, labirin, taman burung, hingga restoran. Kontak: (022) 95920222 / (022) 85920333.

6. Glamping Legok Kondang Lodge
Tempat ini sangat terkenal dengan panorama alamnya yang indah dan eksotis. Legok Kondang Lodge sangat cocok untuk acara kamping atau berkemah ala modern tetapi dengan suasana perkampungan. Bangunan yang terbuat dari tenda besar dan bangunan kayu serta dikelilingi pepohonan membuat orang yang berkunjung menjadi betah tinggal di tempat tersebut.  Semua material dari tempat ini sangat kuat, tidak seperti tenda perkemahan biasa.

Di sini ada tenda-tenda yang berbaris berisikan tempat tidur, toilet dan kamar mandi.  Persis di depan tenda terdapat kolam besar. Pengunjung bisa bersantai duduk-duduk di kursi sambil menghadap ke arah kolam. Adapun tenda yang ada berjumlah 16 tenda yang meliputi family room sebanyak empat kamar, dan 12 kamar berukuran standar.

Untuk family room tersedia satu tenda yang di dalamnya terdapat dua kamar dan dua kamar mandi, dilengkapi televisi dan lemari. Glamping Legok Kondang Lodge berada di Jln. Kurunangan (Jalan Raya Ciwidey - Kawah Putih), Lebak Muncang, Ciwidey, telepon: 081318179889.

7. Terminal Wisata Grafika Ciloke
Anda bisa menikmati fasilitas outbond, dimana ada flying fox, jembatan tali dua, jembatan borma, turun tebing, jaring laba-laba, jembatan Elvis, wisata naik kuda, ATV, wisata rumah pohon, kebun strawberry. Untuk penginapan tersedia kamar hotel, pondok wisata, rumah panggung dan area berkemah.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan kuliner tersedia masakan tradisional Sunda, seafood, paket menu, dan ditunjang dengan Saung Lesehan, Restoran Sangkuriang, Restoran Sunda, dan Aula Bambu. Terminal Wisata Grafika Cikole dilengkapi fasilitas pendukung area parkir kendaraan, mushola, dan sentra souvenir dengan keamanan 24 jam. Informasi dan kontak: (022) 82782441, 081322 500284, 0817426244.

8. Cikole Jayagiri Resort
Cikole Jayagiri Resort berada di Jln. Tangkuban Perahu No. 147, Cikole, Lembang. Kawasan wisata alam ini menyediakan penginapan bungalow berupa rumah-rumah kayu yang didesain dengan konsep menyatu dengan alam.  Di sini ada penginapan rumah kayu, rumah Lombok, rumah joglo, barak, hingga area camping. Untuk tenda camping bisa menyewa di lokasi atau membawa sendiri.

Untuk kegiatan alam bisa mengadakan permainan kebersamaan, education jungle tracking, highrope, ATV, berkuda, paintball, arena bermain anak, dan masih banyak lagi. Kontak informasi: (022) 82780512 / 82780513 / 0878 2210 2251.

9.Maribaya Natural Hot Spring Resort
Tempat wisata alam ini berada di  Jln. Maribaya No. 105/212, Lembang Kab. Bandung Barat. Berada di area Curug Maribaya, kawasan wisata ini sekarang telah disulap menjadi tempat wisata terpadu. Di sini menyajikan aneka fasilitas yang menunjang kegiatan wisata keluarga. Kontak: Telepon: (022) 82782228 / 081293735423 / 082214153019.

10. The Lodge Earthbound Adventure Park
Berlokasi di Jlm. Maribaya Timur Km. 6 Kampung Kosambi, Desa Cibodas, Lembang, Kab Bandung Barat terdapat fasilitas lengkap bagi Anda yang ingin menjajal wisata di sini. Tempat yang juga dikenal dengan "The Lodge Cibodas" terdapat fasilitas outbound (flying fox, trekking, fun games, camping, dll).

Tempat ini cocok juga bagi Anda yang ingin mengadakan kegiatan gathering atau sekadar kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman-teman. Kontak telepon: (022) 2536110 / 085794369914 / 085624611118.

11. D'Ranch Lembang
Ini merupakan tempat wisata ala koboy dimana ada area luas untuk mencoba fasilitas yang tersedia di sana.Lokasinya tak jauh dari Alun-Alun Lembang yakni di Jlm. Maribaya No. 17, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di sini, anak-anak bisa menjajal aneka wahana dari menunggang kuda, naik delman, memancing, peti luncur, balon air, dan permainan lainnya. Telepon: (022) 2785865.

12. Barusen Hills
Tempat wisata yang mulai naik daun ini berada di Kampung Barusen, Kec. Pasirjambu Ciwidey, Kab.Bandung. Fasilitas wisata di sini salah satunya kolam renang yang ada di atas bukit. Magnet wisata Barusen Hills lainnya yang paling banyak menarik wisatawan adalah pemandangannya yang sangat indah. Pengunjung bisa berfoto-foto ria dengan pemandangan perkebunan teh atau lokasi khusus yang bisa jadi latar untuk selfie/wefie. Salah satunya di taman dengan aneka tanaman bunga warna-warni di "Barusen Garden". Salah satu spot menarik berfoto di sini biasa di depan bangunan kincir angin.