Wisata Jabar

Memasarkan Produk UKM, Kota Bandung Kerja Sama dengan Facebook



"Bandung  Juara  Store",  itulah halaman  khusus  yang  disiapkan Facebook  dalam platform bisnisnya yang menjual produk asal  Kota Bandung.  Nantinya,  halaman ini akan  menampilkan produk-produk usaha kecil menengah (UKM), sehingga penjualannya tidak hanya  di dalam  negeri, tapi juga merambah  negara-negara  lain,  seperti negara-negara anggota ASEAN.

Wali  Kota Bandung, Ridwan Kamil, Jumat  (8/1/2016),  menyatakan, Kota  Bandung  bekerja  sama dengan  Facebook  untuk   memasarkan produk UKM. Usaha ini merupakan bagian dari persiapan menghadapi ASEAN Economic Community atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), dan bentuk keseriusan Pemerintah Kota Bandung untuk mendukung produk-produk UKM agar bisa menembus pasar negara-negara ASEAN.

Menurut Emil, agar bisa bersaing di MEA perlu upaya cerdas. Salah satu usaha itu dengan menggunakan media sosial milik Mark Zuckerberg itu dalam memasarkan produk UKM. Dengan bekerja sama  dengan Facebook, Kota Bandung akan menjadi kota yang paling siap menghadapi MEA.

Emil  mengungkapkan  hal itu setelah melakukan  pertemuan  dengan Head  od Public Policy Southeast Asia Facebook, Alvin  Sheng  Hui Tan  dan SMS Market Lead Indonesia, Waizly Darwin di  Balai  Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Jumat (8/1/2016).

Meski  demikian, tidak semua UKM bisa masuk ke  halaman  Facebook ini. Hanya 300 UKM yang akan bisa masuk ke platform bisnis  Facebook ini. Karena itu, seleksi ketat akan dilakukan Pemkot Bandung untuk  memilih UKM yang pantas menampilkan produknya  di  Bandung Juara  Store.  Salah satu yang harus  dipahami  adalah  mengenai sistem pembayaran lintas negara. Karena itu, Facebook juga meminta dilakukan pelatihan kepada UKM sehingga bisa memahami  sistem ini.

Menurut Emil, Bandung Juara Store akan dilaunching pada pertengahan Februari dan akan menampung 300 UKM yang paling siap.  Nantinya, kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan kemakmuran para pelaku  usaha  di Kota Kembang.

Poin-poin kerja sama dengan Facebook itu antara lain developer, birokrasi, startup, keuangan, NGO, dan komunitas  kreatif.  Pemerintah Kota Bandung memutuskan memilih Facebook  karena media sosial ini dianggap serius menangani Kota Bandung. Terbukti dengan penyediaan halaman Bandung Juara Store yang   memperkenalkan  produk-produk  UKM. Dan, hal ini juga merupakan  kerja  sama simbiosis mutualisme  karena Facebook pun memiliki kepentingan dengan  Kota Bandung.

share to whatsapp