Wisata Jabar

Melihat Purwakarta dari Ketinggian di Gunung Bongkok



Objek wisata di Purwakarta terus dibenahi. Upaya ini melibatkan pemerintah setempat juga para penduduk sekitar tempat wisata. Kini, salah satu primadona wisata di kota sate maranggi ini ada Gunung Bongkok. Para pemuda di Kampung Cikandang Desa Sukamulya Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta dengan serius menyiapkan tempat wisata Gunung Bongkok untuk dikunjungi wisata.

Gunung ini mulai dibenahi sejak 2013 lalu dan tahun sekarang mulai banyak dikunjungi para penjelajah wisata alam. Bahkan, mereka pun bahu-membahu dengan para penduduk untuk mendukung daerahnya jadi kawasan wisata. Jika Anda berkunjung ke Gunung Bongkok, para penduduk akan selalu siap membantu dari urusan porter, guide, menyiapkan tempat menginap, hingga menyiapkan makanan. Untuk masalah biayanya, Anda bisa nego dengan penduduk.

Keindahan Wisata Gunung Bongkok
Gunung ini tidak terlalu tinggi, "hanya" 975 mdpl namun sangat cocok bagi pendaki pemula. Melalui dua puncak Gunung Bongkok, Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Datar, pengunjung bisa dinikmati pemandangan keindahan waduk Jatiluhur dan Gunung Parang yang berada sejajar dengan Gunung Bongkok.

Wisata alam ini dikelola secara resmi oleh pemuda penduduk setempat. Jika Anda ingin mendaki, terdapat tali yang bisa membantu dalam melakukan pendakian. Untuk persiapan pendakian, Anda bisa berkemah terlebih dahulu di pos Munclu. Pendakian biasanya dilakukan pada pagi hari. Bagi yang punya waktu santai, lebih baik mengunjungi tempat ini pada hari biasa. Pada akhir pekan biasanya penuh oleh para pengunjung yang ingin mendaki. Sementara di puncaknya sendiri hanya bisa menampung tak lebih dari 30 orang.

Jika Anda tidak membawa tenda, dsediakan dua saung di atas dan di bawah pohon yang dapat disewa dengan harga Rp10 ribu.  Untuk tiket retribusi sendiri hanya Rp. 5 ribu. Untuk menuju lokasi wisata ini, jika dari Jakarta bisa dari Stasiun Jakarta Kota menuju Purwakarta dan melanjutkan perjalanan menuju Plered dengan menggunakan angkutan umum dua kali. Dari Plered, perjalanan menuju Kampung Cikandang bisa naik angkutan umum. Selanjutnya, untuk menuju pos Munclu, Anda dapat berjalan kaki kurang lebih 15 sampai 30 menit.

Dari sini, perjalanan 1 hingga 1,5 jam dimana ada beberapa titik yang perlu diwaspadai, yaitu di tanjakan 700 mdpl, tanjakan 800 mdpl dan tanjakan 950 mdpl. Namun saat musim penghujan hati-hati saja karena jalur pendakian tersebut licin.