Wisata Jabar

Inilah Rute Menuju Kawah Kamojang




Sebagai  negara  yang memiliki banyak  gunung  berapi,  Indonesia mempunyai  banyak koleksi tempat wisata berupa kawah  dan  wisata vulkanik lainnya. Salah satunya adalah Kawah Kamojang yang terletak di Kampung Kamojang, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung. Karena kedekatannya geografisnya, kawah ini sering dikira merupakan bagian dari Kab. Garut, padahal secara administratif merupakan bagian dari wilayah Kab. Bandung.

Uniknya, selain menikmati  keindahan  alam di  sekitarnya  dan  merasakan udaranya yang sejuk, pengunjung juga dapat mencicipi mandi  sauna di alam terbuka yang murah meriah dan juga menyehatkan. Kamojang  yang  berada di kaki Gunung  Guntur,  memiliki  belasan kawah,  antara lain Kawah Manuk, Kawah Kereta,  Kawah  Cibuliran, dan  Kawah  Hujan.  Saat ini, energi panas  bumi Kawah  Kamojang  dikelola  PT Pertamina dan PT Indonesia Power sebagai  pembangkit listrik.

Bisa dibilang, inilah energi panas  bumi  pertama  yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik di Indonesia. Karena itu, ketika berkunjung ke sini, kita akan melihat pipa-pipa yang menyalurkan panas bumi ke generator untuk menghasilkan energi listrik.

Rute Menuju Kawah Kamojang
Dari Bandung, ada dua rute yang bisa ditempuh, yaitu melalui Majalaya, atau melalui jalur konvensional melalui Nagreg. Kedua rute ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apabila Anda memutuskan berangkat melalui Majalaya, maka jarak tempuhnya lebih pendek, sekitar 18 km dari Alun-alun Majalaya. Akan tetapi, medan jalan yang harus Anda lalui cukup menantang. Anda harus mampu menaklukkan tanjakan dan turunan yang panjang dan curam, jalan yang rusak, serta tikungan yang tajam.

Apabila hendak melalui rute ini, kendaraan Anda harus dalam keadaan siap "tempur". Sangat disarankan menggunakan kendaraan yang memang didesain untuk melalui jalur-jalur offroad. Sementara bila melalui jalur biasa melalui Nagreg, jarak yang harus Anda tempuh lebih jauh karena harus lebih dahulu melalui Kota Garut. Seperti diketahui, Jarak Bandung-Garut sekitar 70 km, lalu dari Garut ke Kawah Kamojang sekitar 27 km.

Apabila dilihat di Google Maps, melalui rute ini Anda memang nyaris harus mengelilingi Gunung Guntur. Kendati demikian, melalui jalur ini jalan yang Anda lalui relatif mulus dan di sepanjang perjalanan Anda akan terhibur dengan pemandangan sekitarnya yang sangat bagus.

Bahkan bila mempunyai banyak waktu, Anda bisa singgah dulu di resort dan vila yang juga menyajikan wisata alam yang indah. Contohnya Kebun Mawar Situhapa di Jalan Kamojang, Kec. Samarang, Kab. Garut. Cukup dengan membayar tiket sekitar Rp 15.000, Anda bisa menikmati eloknya pemandangan di tempat ini.

Keunikan Kawah-Kawah
Salah satu Kawah Kamojang yang memiliki nama cukup unik adalah Kawah Manuk. Dinamakan demikian karena katanya suara uap yang keluar dari beberapa lubang di kawah ini seperti burung. Kawah lainnya yang cukup populer adalah Kawah Kereta Api. Nama yang disematkan sesuai dengan suara uap gas yang menyembur laksana gemuruh suara lokomotif. Ada pula yang menyebut suaranya lebih mirip raungan pesawat jet. Saking dahsyatnya, semburan uap yang keluar bisa menerbangkan barang yang berada di atasnya.

Kemudian kawah terkenal lainnya adalah Kawah Hujan. Inilah kawah favorit wisatawan karena bisa menjadi tempat mandi sauna di alam terbuka sekaligus murah meriah. Konon, uap yang keluar di kawah ini bisa mengobati beberapa jenis penyakit, seperti stroke, jantung, dan rematik. Jadi, tunggu apa lagi? Berkemaslah segera untuk menikmati mandi sauna di tengah sejuknya udara pegunungan.