Wisata Jabar

Kemenpar Undang Puluhan Blogger Mancanegara Jelajah Wisata Nusantara




Di era internet sekarang ini, rupanya sangat muskil rasanya jika promosi destinasi wisata hanya berbasis konvensional. Penyebaran informasi tempat wisata melalui internet turut menyumbang jalur promosi yang tidak bisa disepelekan. Apalagi informasi tersebut bisa ragam media, dari blog, media sosial, vlog, hingga aplikasi di Playstore.

Review tempat wisata, tempat kuliner, seni budaya lokal, hingga informasi event yang ditulis blogger pun kini menjadi trending. Blog tak bisa dianggap remeh sebagai corong penyebaran informasi wisata, khususnya daerah-daerah di Indonesia, untuk dikenalkan di kancah global. Dan tentunya dengan menyebarnya informasi wisata Indonesia di dunia maya akan menjadi media promosi untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara.

Itulah yang kemudian menjadi bidikan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk lebih mem-booster promosi wisata daerah-daerah di Indonesia ke tingkat dunia. Belum lama ini, Kemenpar mengundang sejumlah blogger mancanegara dalam acara wisata "Trip of Wonders 2016". Ada puluhan blogger mancanegara yang diajak berkunjung ke tempat-tempat wisata di Bandung, Yogyakarta dan Jawa Tengah, Raja Ampat serta Lombok.

Mengenalkan Potensi Wisata di Setiap Kota
25 blogger yang mengikuti jelajah wisata tersebut diantaranya datang dari Amerika Serikat (7 orang), Inggris (5 orang), Jerman (1 orang), Perancis (4 orang), Belanda (2 orang), Afrika Selatan (1 orang), Spanyol (1 orang), Brazil (2 orang), Polandia (1 orang) dan Hungaria (1 orang). Mereka mengikuti kegiatan tersebut selama 12 hari (26 September sampai 8 Oktober 2016).

Dalam kunjungan para blogger di Bandung, mereka diajak untuk merasakan sensasi wisata belanja dengan harga super murah. Sementara wisata di Yogyakarta, mereka diajak merasakan sensasi menikmati indahnya matahari terbit di Candi Borobudur. Adapun kegiatan pengenalan potensi tradisional, mereka diajak ke Jawa Tengah dengan mencicipi aneka makanan khas Jateng, naik sepeda onthel, naik delman, hingga membuat batik dan tembikar. Mereka pun diajak menikmati matahari terbenam dari Candi Ratu Boko.

Menikmati Keindahan Raja Ampat dan Lombok
Sementara di wilayah timur Indonesia, para blogger mancanegara tersebut diajak ke Raja Ampat dan Lombok. Titik jelajah akhir adalah di Pulau Lombok dimana para blogger tersebut mengunjungi Desa Sade, tempat Suku Sasak tinggal. Di Sade, mereka mengenal adat istiadat suku tersebut, salah satunya pembuatan tenunan khas Suku Sade. Perjalanan selama di Lombok pun berakhir di destinasi wisata yang sudah dikenal turis asing, yakni pulau nan indah yakni Pulau Gili Trawangan dan Pulau Gili Air.