Wisata Jabar

Jelajah Wisata Jawa Barat 2016 Bersama Smartfren Kunjungi Gedung Perundingan Linggarjati



Pada hari kedua, Minggu (10/04/2016) rombongan peserta "Jelajah Wisata Jawa Barat 2016 Bersama Smartfren" melanjutkan perjalanan menuju Gedung Perundingan Linggarjati. Museum ini terletak di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan tidak jauh dari kaki Gunung Ciremai.

Di museum bersejarah ini, seluruh peserta mendapatkan pengetahuan seputar perundingan Linggarjati yang digelar pada  November 1946. Dalam perundingan ini Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, Belanda diwakili oleh tim yang disebut Komisi Jendral dan dipimpin oleh Wim Schermerhorn dengan anggota H.J. van Mook,dan Lord Killearn dari Inggris bertindak sebagai mediator dalam perundingan ini. Hasil perundingan ini ditandatangani di Istana Merdeka, Jakarta pada 15 November 1946 dan ditandatangani secara sah oleh kedua negara pada 25 Maret 1947.

Adapun isi pokok perundingan Linggarjati sebagai berikut:
1.  Pemerintah Belanda mengakui kenyataan kekuasaan de facto pemerinitah Republik Indonesia  atas, Jawa, Madura, dan Sumatera.
2.  Republik Indonesia dan Belanda akan bekerja sama membentuk Negara Indonesia Serikat (NIS) dan Republik Indonesia menjadi salah satu bagiannya.
3.  Republik Indonesia Serikat (RIS) akan membentuk  Uni Indonesia Belanda sebagai ketua Uni.

Sejumlah foto-foto dokumentasi seputar perundingan menghiasi dinding Ruang Perundingan Linggarjati. Antara lain foto wartawan mancanegara mengetik naskah berita di pagar tangga kediaman Bung Sjahrir di Linggasana. Menurut keterangan pemandu foto-foto diperoleh dari Kedutaan Belanda.

Menjajal Sinyal Smartfren 4G LTE
"Pada hari terakhir ini, sengaja kami mengunjungi objek wisata tempat bersejarah Museum Perundingan Linggarjati yang berlokasi di kaki Gunung Ciremai. Selain mengajak para komunitas media sosial untuk mengenal sejarah, juga untuk menguji ketangguhan sinyal 4G Lite Smartfren," ujar Benne Satria sebagai PIC event Jelajah Wisata Jawa Barat 2016.

Kami membuktikan sendiri, meski berada di daerah dataran tinggi sinyal smartfen masih sangat kuat. Dan akhirnya, jelajah wisata yang diikuti oleh 10 komunitas terpilih dari Bandung ini berakhir di Gedung bersejarah yang berada di kaki Gunung Ciremai ini.

Penutupan "Jelajah Wisata Jawa Barat 2016 Bersama Smartfren" secara resmi oleh Bene Satria. Untuk rute berikutnya peserta jelajah wisata akan menjajal sinyal di Cianjur, Bogor, Sukabumi, dan berakhir di Pantai Pelabuhanratu, Sukabumi.