Wisata Jabar

Inilah Data dan Fakta Seputar Preman Pensiun (2)




Berikut ini lanjutan data dan fakta seputar sinetron Preman Pensiun.
1. Setting pengambilan gambar sinetron Preman Pensiun dilakukan di seputaran Bandung dan ada juga yang di Garut. Beberapa tempat lokasi pengambilan gambar di Bandung antara lain:
a. Pasar Palasari dan Bandung (di los buku dan los pasar biasa)
b. Lokasi rumah Kang Bahar dan keluarga di Jalan Putri, Bandung.
c. Lokasi markas besar di sebuah lapangan dekat fly over Kiaracondong
d. Markas kedua di belakang Pasar Palasari (parkiran) sebagai markas Kang Komar dan anak buah juga di pertigaan Jalan Kangkung sebagai markas ketiga.
e. Lokasi rumah Kang Komar di Gang Antanan, rumah Kang Mus di Jalan Antapani (season 1) dan di daerah Lodaya (season 2).
f. Terminal Cicaheum tempat Gobang dan anak buahnya.
g. Jalan Braga (Bos Jamal dan anak buah)
h. Depan Gedung Merdeka Jln. Asia Afrika sebagai markas Dikdik, Murad, dan Pipit.
i. Pengambilan gambar juga di lokasi lainnya yang jadi ikon-ikon Kota Bandung: Taman Alun-Alun Bandung, Saung Angklung Udjo, Viaduct (markas copet), Floating Market Lembang, kawasan persawahan di Bojongsoang (tempat Uyan), Bukit Moko, sasana tinju di Markas Kodam III Siliwangi, Balai Kota Bandung, Taman-Taman di Bandung (Taman Lansia, Taman Vanda, dan taman lainnya), serta sentra souvenir/oleh-oleh Bandung di beberapa tempat (sentar sepatu Cibaduyut, kopiah M. Iming, Balubur, dan tempat lainnya) .
2. Tim copet merupakan tokoh yang banyak mobilitasnya yakni dengan naik turun angkot.
3. Preman Pensiun tidak akan dibuat versi film (Sumber: akun twitter @aris_nugraha)
4. Saking ngefans dengan karakter Ceu Edoh, ada perajin wayang golek yang khusus membuat karakter wayang Ceu Edoh.
5. Selain memperkenalkan tempat wisata di Bandung, sinetron Preman Pensiun juga banyak mengenalkan kuliner khas Jawa Barat: kicimpring, kue cubit, kue balok, ulukutek leunca, rangginang, wajit, dsb.
6. Jika baraya perhatikan, tokoh Kang Mus saat disuguhi kopi kadang tidak meminumnya terutama jika bertandang ke rumah Kang Bahar.
7. Tokoh Amin (sopir Kang Bahar) merupakan tokoh yang paling banyak tutup-buka pagar halaman rumah Kang Bahar.
8. Pemeran Ceu Edoh yakni Nining Yuningsih lama berkecimpung sebagai pemain Lenong Betawi. Walau ia asli Sunda, namun cinta pada kebudayaan Betawi. Ia juga dikenal sebagai pemain Longser.
9. Pemeran Mick Jagger (anak Kang Komar dan Bebeb) aslinya adalah cucu dari Hj. Isye Sumarni (pemeran Emak/mertua Kang Mus).
10. Dalam adegan Preman Pensiun, Kang Komar diceritakan sedang ke Depok menjenguk orangtuanya yang sedang sakit. Saat itu, adegan tersebut merupakan kisah nyata dalam kehidupan Matt Drajat (pemeran Kang Komar).