Wisata Jabar

10 Tempat Wisata Paralayang di Jawa Barat yang Menantang Adrenalin

share to whatsapp



Wisata Paralayang di Jawa Barat

Wisata aerosport di Jawa Barat kini tengah digandrungi para traveler. Menjajal melayang dengan paralayang memang jadi sensasi luar biasa dan jadi pengalaman tersendiri. Untuk biaya terbang dengan paralayang ini, di beberapa lokasi wisata paralayang dibanderol rata-rata Rp400 ribu s.d. 500.000.

Paralayang (paragliding) adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut) yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kejuaraan. Olahraga paralayang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Angin yang dipergunakan sebagai sumber daya angkat yang menyebabkan parasut ini melayang tinggi di angkasa terdiri dari dua macam yaitu, angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena thermal (thermal lift).

Di beberapa daerah di Jawa Barat sendiri ada beberapa lokasi wisata paralayang dengan pemandangan indah, diantaranya:

1. Bukit Santiong, Ciater, Subang
Bukit Santiong berada di area perkebunan teh di Kecamatan Ciater, Subang. Kawasan ini layak digenjot sebagai destinasi wisata baru. Udaranya sejuk, pemandangan hampara kebun teh hijau, ini cocok buat wisatawan milenial yang hobi selfie selain olahraga ekstrem.

Bukit Santiong bisa menjadi pilihan penggemar Paralayang selain daerah Buah Dua Sumedang dan Majalengka. Memiliki ketinggian 150 m dan angin yang mendukung, maka Santiong sudah beberapa bulan terakhir diburu para penggemar aerosport baik nasional maupun internasional. "

2. Warujimun, Citangtu Kuningan
Berlokasi di Citangtu, Kuningan, dimana dari bukit tersebut, akan mudah melihat hamparan sawah dan bukit hingga latar Gunung Ciremai. Datanglah saat pagi atau menjelang sore hari, karena biasanya para pemain para layang akan terbang pada jam-jam tersebut. Cukup membayar tiket masuk lima ribu rupiah, dan mem­bayar biaya parkir. Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari dari pukul 07.00 sampai pukul 16.30 WIB. Setiap minggu dan hari libur lain tempat ini selalu ramai pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam dari atas bukit.

3. Bukit Gantole, Cililin, Kab. Bandung Barat
Bukit Gantole Cililin ini sendiri berlokasi di Kampung Pasirpanjang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampe­las, yang masuk wilayah administra­tif Kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapai lokasi venue, memang harus ditempuh dengan perjalanan sekitar 5 kilometer. Akses termudah bisa keluar tol Soroja.

Lokasinya yang berada di atas ketinggian sebuah bukit dengan landscape yang menakjubkan. Dari bukit ini terlihat kawasan Cimahi dan Bandung Utara sebagai kawas­an cekungan Bandung. Hamparan persawahan, pemukiman penduduk, kawasan pegunungan di Bandung Se­latan seperti Gunung Malabar hingga hamparan air Waduk Saguling Jatiluhur. Buat yang pengen menjajal wisata gantole di sini, silakan hubungi akun IG @paralayang_bandung_raya.

4. Batu Dua Gunung Lingga, Sumedang
Adalah salah satu tempat wisata yang berada di Cimarga, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Obyek Wisata Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga di Sumedang. Tempat wisata ini dijadikan lomba kelas Cross Countty (dengan lisensl dunla dari Organisasi Kejuaraan Dunla Paralayang Cross Country/Pre-PWC 2019), yang akan berlangsung pada 22-26 Oktober 2019 diikuti sekitar 160 pilot.

5. Kampung Toga, Sumedang
Tempat wisata yang tak jauh dari Alun-alun Sumedang ini, pada 2019 dijadikan loaksi Kejuaraan Paralayang Internasional untuk kelas Accuracy akan berlangsuns pada 22-25 Oktober 2019. Kampung Toga sendiri berada di desa Suajaya, kecamatan Sumedang Selatan, kabupaten Sumedang.

Selain menyajikan suguhan menikmati sensasi bermain paralayang, Anda juga akan disuguhi beberapa macam wisata lainnya. Misalnya deretan villa yang membentang, kolam renang yang cocok untuk bermain anak-anak, fasilitas outbond, dan lain-lain. Untuk menjajal melayang dengan paralayang, setiap pengunjung boleh mencobanya. Hanya saja ini diperlakukan untuk kalangan usia remaja hingga dewasa saja. Sebab, permainan ini berkaitan dengan keselamatan penggunanya jadi harus benar-benar hati-hati.

6. Gunung Panten, Majalengka
Objek wisata itu secara administratif berada di Blok Gunung ­Panten, Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka. Lokasinya ha­nya beberapa kilometer dari pusat Kota Majalengka. Untuk titk pendaratan juga tidak terlalu jauh karena ada lapangan ­sepak bola yang berada di Blok Cibatu, Kelurahan Munjul. Jaraknya hanya beberapa kilometer dari lokasi penerbangan.

Objek wisata paralayang di Gunung Panten Maja­lengka ­mendapat penghargaan tingkat nasional Pe­sona Indonesia 2018 kategori ­Wisata Olah Raga Petualangan Terpopuler. Penghargaan itu diberikan ­pada saat acara Anugerah Pesona Indonesia 2018 di Grand Sahid Jaya ­Jakarta, Kamis 22 November 2018 lalu.

Selain paralayang, di objek wisata itu kini tersedia atraksi lain ­seperti flying fox, outbound, dan aneka permainan petualangan lainnya. Ada pula kafe dan restoran yang disediakan khusus bagi mereka yang ingin duduk santai sambil menikmati keindahan ­Kota Majalengka dari atas bukit.

7. Bukit Parama Satwika, Garut
Pemandangan nan indah bisa dinikmati dari atas ketinggian Bukit Parama Satwika (BPS), di kaki Gunung Putri, Desa Mekarjaya, Tarogong Kaler. Dikeliling pegunungan tinggi yang mengelilingi kawasan wisata BPS, mampu memberikan suasana baru untuk menyaksikan kabupaten Garut di atas ketinggian. Tempat wisata ini pernah jadi lokasi Kejuaraan Paralayang dan Gantole Kapolda Jabar CUP II Tahun 2019 pada 20 Agustus 2019 lalu yang diikuti lebih dari 100 atlet paralayang.

8. Puncak, Bogor
Lokasi wistaa aerosport ini tepatnya di lereng Gunung Mas, berseberangan dengan area Wisata Agro Kebun Gunung Mas. Jika melintas di kawasan Puncak, Bogor, terutama akhir pekan seperti hari Sabtu dan Minggu, para penerbang paralayang yang melayang-layang tinggi di udara menjadi pemandangan yang langka.

Mencoba paralayang di Bukit Gantole Gunung Mas Puncak Bogor bisa menjadi pilihan traveler. Untuk bisa menikmati sensasi terbang di udara bebas, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp450 ribu untuk wisatawan lokal, dan Rp500 ribu untuk wisatawan asing.

9. Karang Bolong, Sukabumi
Pantai Karang Bolong di Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, tak hanya memiliki keindahan pantai serta keunikan goa raksasanya. Pantai Karang Bolong juga menjadi arena terbang gantole.

10. Puncak Aher, Geopark Ciletuh, Sukabumi
Tempat wisata ini disebut-sebut sebagai salah satu tempat terbaik untuk olahraga paralayang. Puncak Aher atau Puncak Pamoyanan berada di Kampung Pamoyanan Kedusunan Mekarsari I, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Di lokasi ini wisatawan bisa menikmati pemandangan hijaunya perbukitan, bentangan sawah, serta lautan luas.

Penulis: Tim wisajabar.com
Editor: Addien

share to whatsapp