Wisata Jabar

International Kabupaten Bandung Coffee Festival 2017 Digelar di Festival Citylink



Jawa Barat menyimpan potensi kopi yang kini semakin naik daun di kancah internasional. Untuk lebih memperkenalkan potensi kopi Jawa Barat, khususnya kopi dari Kabupaten Bandung, pada tanggal 13 s.d. 15 Oktober 2017 digelar International Coffee Festival 2017 di Festival Citylink, Jalan Peta, Bandung. Di wilayah Kabupaten Bandung sendiri dikenal dengan produksi kopi arabika asal di Gunung Puntang/Cimaung, Cimenyan, Cilengkrang, Cicalengka, Nagreg, Ibun, Kertasari, Pangalengan,  Pasirjambu, Rancabali, dan Ciwidey.

Di Kabupaten Bandung terdapat sedikitnya 11.000 hektare lahan perkebunan kopi. Sebagian kopi tumbuh di lahan milik Perhutani, sedangkan sisanya di lahan milik warga. Jumlah pohon kopi di Kabupaten Bandung saat ini mencapai sekitar 400.000 pohon.

Event tersebut digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bandung ini melibatakna 60 petani kopi asal Kabupaten Bandung. Kegiatan tersebut juga akan diisi oleh perlombaan Kopi Master yaitu lomba antar-Barista di seluruh Indonesia dengan juri yang berasal dari internasional. Selain itu, juga diselenggarakan workshop mengenai kopi, mulai dari petani kopi hingga pengusaha kopi.

Festival kopi yang diadakan untuk yang keempat kalinya ini juga dalam rangka memperingati hari kopi internasional yang jatuh pada 1 Oktober. Selain itu, kegiatan Kopi Master dilaksanakan untuk menambah semarak kegiatan yang diikuti 14 barista di seluruh Indonesia. Dengan pelaksanaan kegiatan festival diharapkan terjadi sinergi antata petani kopi, dunia usaha serta pemerintah daerah.

Lomba Kopi Master melibatkan juri yang merupakan pakar kopi dan salah satunya berasal dari Korea Selatan serta juri Kopi Master yang memiliki peringkat kelima di dunia. Pemenang Kopi Master akan mendapatkan sertifikat bertingkat internasional.

share to whatsapp