Wisata Jabar

Inilah Kuliner Khas Cirebon Favorit Wisatawan



Kuliner khas Cirebon

Wisata Cirebon bukan hanya potensi wisata seni dan budaya. Potensi kuliner ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kuliner khas dikenal juga dengan sebutan makanan atau pangan tradisional. Pangan tradisional adalah makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat di wilayah dan etnik tertentu dan terbuat dari bahan-bahan lokal sesuai dengan selera masyarakat tersebut secara turun temurun mencakup makanan lengkap, camilan, dan minuman.

Kuliner khas Cirebon yang telah banyak dikenal diantaranya sega jamblang (nasi jamblang), sega lengko (nasi lengko), empal gentong, empal asem, docang, mie koclok, bubur sop ayam, dan tahu gejrot. Adapun kuliner khas Cirebon lainnya adalah sate kalong, kerupuk melarat, kerupuk rambak, emping melinjo, apem sapar, bubur suro, sirup tjampolay, dan beberapa kuliner khas Cirebon yang dikenal dengan sebutan juada/jaburan pasar.

Berbagai jenis kuliner khas yang telah banyak dikenal tersebut sebenarnya tersebar di setiap sudut kota Cirebon. Namun wisatawan biasanya hanya mengetahui beberapa jenis kuliner khas Cirebon saja. Wisatawan pun hanya mendatangi tempat-tempat tertentu yang telah terkenal sebagai tujuan kuliner khas Cirebon. Contohnya saat seorang wisatawan memilih untuk makan nasi jamblang, maka pilihan biasanya tertuju pada Nasi Jamblang Mang Dul atau Nasi Jamblang Ibu Nur.

Nasi jamblang adalah sebuah hidangan unik dimana nasi dibungkus menggunakan daun jati dengan pilihan aneka lauk. Begitu juga saat seorang wisatawan memilih untuk makan empal gentong maka Empal Gentong Amarta atau Empal Gentong H. Apud menjadi pilihan. Empal gentong adalah irisan daging dan jeroan sapi atau kambing ditambah kuah kuning dan taburan kucai serta bawang goreng disantap dengan lontong atau nasi.