Wisata Jabar

Berkunjung ke Ciamis, Cobalah Nikmati Aneka Kuliner Ini



Kuliner makanan khas Ciamis

Makanan khas Ciamis cukup menarik untuk diangkat menjadi potensi wisata yang layak dikembangkan. Di Ciamis ada banyak makanan khas yang sudah lama jadi favorit wisatawan. Hanya saja promosi dan pemasaran oleh-oleh makanan khas Ciamis ini harus lebih dioptimalkan. Berikut ini aneka kuliner khas Ciamis:

Apem
Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, tape singkong atau tape nasi. Bahan dan alat yang digunakan: air panas, gula pasir, gincu (ontan). Alat yang diperlukan adalah cetakan, langseng.
Cara pengolahan: Semua bahan mentah dicampur dengan air panas, diaduk hingga merata dengan bumbu, lalu ditutup sampai mekar. Kemudian cetakan kue diisi dengan adonan tadi, lalu dikukus hingga masak.

Angleng
Asal bahan mentah dari makanan ini adalah tepung beras, gula merah, kelapa. Bahan dan alat yang digunakan: gula merah, air, kulit jagung. Alatnya kuali. Cara pengolahannya: tepung beras, gula merah dan kelapa parut, diaduk sambil dipanaskan di atas api. Setelah kering dibungkus dengan cangkang “kulit” buah jagung.

Galendo
Makanan ini terbuat dari bahan dasar kelapa. Adapun cara pengolahannya
adalah sebagai berikut:
1. Daging kelapa dibersihkan, lalu diparut dengan parut atau mesin.
2. Kelapa yang sudah diparut diambil airnya (santan).
3. Kelapa dikupas dan dicungkil dagingnya lalu dibersihkan.
4. Air santan dimasak hingga mendidih sampai air habis, lalu menggumpal, dan jadilah galendo yang berbaur dengan minyak.
5. Serbuk galendo diangkat dan disimpan pada cetakan lalu dibungkus dengan anyaman bambu.
6. Serbuk galendo dipadatkan dengan cara dipres, selain untuk dipadatkan juga untuk
memisahkan galendo dengan minyaknya.
7. Setelah itu galendo yang sudah padat dipotong-potong dan di kemas. Begitu juga dengan
minyak dari galendo tersebut dikemas pula.

Cuhcur
Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ditambah terigu.
Cara pengolahan:
1. Air, gula merah, gula pasir dan daun pandan direbus lalu disaring.
2. Rebusan dituangkan ke campuran tepung beras dan terigu sambil diaduk perlahan-lahan.
3. Adonan didiamkan semalam, esok harinya dimasukkan telur dan garam secukupnya lalu
diaduk sampai rata. Panaskan 2 sendok sayur minyak di wajan kecil, lalu tuangkan 1 sendok sayur adonan dan goreng sampai satengah matang.

Mustopa
Sambal goreng kentang mustopa merupakan produk makanan olahan dari resep keluarga yang sudah ada sejak tahun 60-an dan sampai sekarang masih tetap dipertahankan. Produk makanan olahan ini, sekitar tahun 80-90-an menjadi ciri tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Ciamis, karena produk ini sudah cukup terkenal di masyarakat. Tidak hanya itu, makanan olahan ini selalu dicari oleh orang-wisatawan untuk oleh-oleh.

Sale Pisang
Suka Senang merupakan salah satu industri yang cukup besar di daerah Ciamis, yang berlokasi di Jalan Raya Ciamis Km 6. Produk utamanya berbahan dasar pisang, yang diolah menjadi keripik dan sale dengan berbagai rasa dan jenis. Ada sale gulung, sale lidah, sale opak, sale pisang ambon, keripik pisang asin, manis, dan pedas manis. Khusus sale, menggunakan jenis pisang siam dan ambon, sedangkan untuk keripik pisang menggunakan pisang kapas atau pisang nangka.

Colok Gemyung (Sate Jepret)
Makanan tradisi yang sangat melegenda di Ciamis tidak hanya galendo, tapi juga colok gembrung. Colok gembrung ini disebut juga dengan sate jepret. Maklum, sejatinya colok gembrung ini merupakan sate kulit sapi (kikil).

Colok gembrung adalah potongan kulit sapi yang empuk karena penggodokan yang matang, dan ditusuk dengan lidi. Kulit sapi yang empuk kemudian dibumbui galendo (hasil ikutan pembuatan minyak goreng), bawang merah, bawang putih, ketumbar, daun salam, sereh, gula, dan garam untuk mewujudkan citarasa gurih nan istimewa.

Opak Ketan
Jenis makanan ini berasal dari bahan dasar beras ketan dan kelapa parut. Bumbu dan bahan yang digunakan adalah: garam lumpang atau halu, daun pisang atau plastik, dan minyak goreng.