Wisata Jabar

Festival Pesona Jatigede 2018: Menuju Wisata Jawa Barat Kelas Dunia



Festival Pesona Jatigede 2018

Sabtu, 29 September 2018, suasana di kawasan Panenjoan Waduk Jatigede, Desa Jemah, Kec. Jatigede, Kab. Sumedang, berlangsung meriah. Tampak ribuan pengunjung datang ke event tersebut. Hari itu digelar Festival Pesona Jatigede Sumedang 2018. Event bertajuk #Hardfest2 tersebut turut dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

Dalam event tersebut, banyak atraksi disuguhkan, salah satunya trail adventure. Lomba motor ini diikuti sekitar 4.000 peserta dari komunitas pecinta Motor Trail seluruh Indonesia dan peserta umum. Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya secara khusus mendukung potensi Pariwisata yang ada di Provinsi Jawa Barat khususnya Di Kabupaten Sumedang.

“Pariwisata di Provinsi Jawa Barat sangatlah berpotensi untuk menjadi destinasi Pariwisata tingkat Internasional terutama di Jawa Barat Bagian Selatan, untuk itu Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sangat memperhatikan segala potensi Pariwisata yang ada di Provinsi Jawa Barat,” kata Arief Yahya. Festival Pesona Jatigede, tambah Menpar, meskipun baru digelar dua kali namun festival ini sukses digelar

Membangun desa wisata
Dalam sambutannya Menteri Pariwisata Arief Yahya berjanji untuk destinasi Wisata Jatigede antara lain membangun desa wisata. Menpar berkomitmen langsung dengan membawa Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Dadang Rizky Ratman untuk membangun desa wisata di daerah Sumedang. Program lainnya menjadikan Jatigede menjadi destinasi kelas dunia.

Hal tersebut tak bisa dipungkiri bahwa Jatigede mempunyai atraksi yang bagus, budaya yang baik, dengan sport tourism akan sangat membantu meningkatkan daya tarik wisatawan. Kemudian, daerah ini sangat beruntung karena memiliki aksesibilitas yang baik karena dekat dengan Bandara Kertajati, Majalengka untuk jadi pintu masuk wisatawan yang mau berkunjung. D

Pengembangan wisata Jawa Barat
Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berjanji akan fokus ke pengembangan pariwisata di Jawa Barat karena provinisi ini telah dianugerahi keindahan alam berkelas dunia. Kang Emil pun mengungkapkan bahwa mulai saat ini pariwisata merupakan bisnis yang tidak akan pernah padam, karena di saat ekonomi naik ataupun sedang turun manusia akan selalu mencari destinasi-destinasi yang indah untuk berlibur

Kang Emil pun berkomitmen tiga hal di lima tahun ke depan dalam menggarap potensi wisata Jabar, di antaranya: Pemprov Jabar akan memberikan anggaran kurang lebih 15 miliar untuk meningkatkan akses ke destinasi pariwisata di jawa barat; memberikan anggaran 15 miliar untuk membangun destinasi pariwisata di Jawa Barat; dan mengundang investor untuk berinvestasi di kawasan wisata Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Kang Emil pun menyerahkan gambar perahu khas Jatigede hasil karyanya sendiri kepada Bupati Sumedang Doni Ahmad Munir.

Sementara Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir mengucapkan terimakasih atas kehadiran Menpar dan Gubernur Jawa Barat. Bupati mengungkapkan, pada saat berkunjung ke Jatigede duli, Presiden Jokowi sudah berkomitmen untuk menjadikan wisata Jatigede sebagai Destinasi Pariwisata Unggulan.

Jatigede mempunyai atraksi yang bagus. Kemudian aksesibilitas yang akan segera dirampungkan oleh pemerintah sehingga akses ke Jatigede akan mudah dan lebih cepat. Kemudian untuk urusan amenitas akan terus ditingkatkan, dari fasilitas hotel, dan fasilitas umum lainnya.