Wisata Jabar

Serunya Menangkap Ikan di Cimandiri Creative Art Festival 2018



Ngubek Lauk Cimandiri Festival 2018

Kemeriahan berlangsung di objek wisata pemandian air panas Cikundul, Sukabumi, Jawa Barat, yakni dengan digelarnya event Cimandiri Creative Art Festival (CCAF) 2018 yang digelar pada Minggu (19/8/2018). Salah satu kegiatan yang menyedot antusiasme pengunjung adalah“Ngubek Lauk” dimana kurang lebih 1.000 orang ambil kegiatan menangkap ikan. Pengunjung dari anak-anak sampai orang tua tumpah ruah mengikuti kegiatan ini.

Tradisi Ngubek Lauk adalah ungkapan bahagia masyarakat Sukabumi. Setelah itu, mereka memakan ikan bersama-sama dengan keluarga, kerabat, dan juga tetangga. Kegiatan ini juga bermakna melestarikan sungai agar habitat ikan lestari dengan menggelar setahun sekali menunggu ikan dewasa. Tradisi ini juga merupakan simbol kebersamaan dan tradisi yang harus dilestarikan. Serta meningkatkan rasa gotong royong diantara warga.

Kini tradisi ‘Ngubek Laut’ bukan lagi sekadar tradisi turun menurun, melainkan sudah menjadi daya tarik pariwisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Secara keseluruhan, event CCAF 2018 yang berlangsung sejak 17 hingga 19 Agustus ini berlangsung keren. Beragam suguhan budaya hadir menyapa wisatawan. Begitu juga dengan kuliner dan kerajinannya. Semua disajikan lengkap. Apalagi event digelar di lokasi wisata, Taman Pemandian Air Panas Cikundul. Event ini merupakan trigger untuk mengangkat potensi pariwisata Kota Sukabumi.

Event ini merupakan bagian dari grand design pariwisata Sukabumi. Dimana salah satunya adalah membentuk Koridor Wisata Baros – Lembursitu – Warudoyong, dengan Sungai Cimandiri – Cipelang – Cigunung, sebagai arterinya. Semuanya dikemas dalam balutan Kawasan Wisata Cimandiri. Jaminan event berkelas ditampilkan CCAF 2018. Event yang didukung Kementerian Pariwisata ini mengubah kawasan Cikundul menjadi sebuah etalese kekayaan seni budaya Sukabumi. Dari mulai ritual adat, ngubek lauk dan pertunjukan budaya lokal lainnya.

Pentas komunitas, pameran industri kreatif, serta kuliner menjadi pelengkap event tersebut. Event ini juga diramaikan dengan berbagai lomba tradisional yang menarik. Ada lomba memanah, lomba sumpit dan bumerang serta lomba tubing.

Kawasan Sungai Cimandiri memang menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa. Sungai Cimandiri menjadi salah satu sungai yang terkenal akan aktivitas arung jeram. Saat ini secara terbatas juga dihidupkan pariwisata khas sungai. Seperti memancing dengan berbagai variasinya, penelusuran sungai melaui hiking, rafting dan tubing atau sekedar berwisata di pinggir sungai.

Selain itu ada juga Taman Pemandian Air Panas (TPAP) Cikundul, Bumi Perkemahan Bina Bumi Pakujajar Cikundul, Kawasan Agroeduwisata Cikundul plus peternakannya. Taman Hutan Kota Kibitay serta Makam Eyang Cikundul.