Wisata Jabar

Inilah Rangkaian Event di Kota Bogor pada Bulan Agustus 2018



Event Bogor bulan Agustus 2018

Untuk mengisi momen liburan pada Agustus 2018, Kota Bogor bisa jadi pilihan Anda. Dalam memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Asian Games 2018, ada ragam event yang digelar di Kota Bogor. Untuk mendukung event olahraga akbar se-Asia, ada Torch Relay Asian Games 2018. Selain itu, bakal ada juga event untuk memperingati Hari Pramuka Nasional yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus 2018.

Kemeriahan di Kota Bogor berlanjut ke peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (17/8/2018). Selain upacara peringatan, Kota Bogor juga menyiapkan berbagai kegiatan pendukung. Rangkaian pesta lalu mengerucut kepada program Istana untuk Rakyat (Istura). Digelar 27-31 Agustus, Istura ini juga familiar sebagai ‘Istana Open’.

Program Istura ini merupakan kunjungan ke Istana Bogor bagi khalayak umum. Program ini terbuka gratis. Istura ini rencananya dirangkai dengan agenda kunjungan ke museum yang juga dibuka gratis. Yaitu Museum Perjuangan, Museum Peta, Museum Nasional Sejarah Indonesia, Museum Zoologi dan Museum Bale Kirti.

Adapun untuk syarat dan peraturannya, pengunjung harus membawa tiket masuk yang sudah ditetapkan. Mereka dilarang membawa barang (tas dan makanan), selain berusia lebih dari 10 tahun. Berpakaian bebas, rapi, dan sopan hingga larangan membawa kamera. Pendaftaran peserta ini dimulai 15 Juli hingga 31 Agustus di Disparbud Kota Bogor, Jalan Pandu Raya 45, Bogor, (0251)8328827.

Penghujung Agustus, Lomba Kaulinan Urang Lembur digelar. Yaitu pada 29 Agustus. Lokasinya ada di GOR Padjajaran Bogor. Beragam permainan tradisional yang unik akan digelar di sana. Pesta besar Bogor diawali oleh Festival Laksa, Minggu (29/7/2018), mulai pukul 08.00-13.00 WIB. Lokasinya di Botani Square, Bogor. Sebanyak 1.000 porsi laksa akan dibagikan gratis. Menariknya, laksa ini disajikan dalam 100 rasa berbeda. Juga dikombinasi dengan Fashion Show Batik Bogor.

Festival Merah Putih (FMP) jadi sajian berikutnya. FMP memasuki penyelenggaraan tahun ketiga. Rangkaian agenda dimulai dengan pemasangan 17.845 bendera. Bendera Merah Putih ini akan dipasang disepanjang jalan protokol Bogor selama satu bulan penuh.

Tensi FMP kemudian dinaikan pada Minggu (5/8/2018). Agendanya mengarak Bendera Merah Putih raksasa dengan ukuran 5x100 meter. Arak-arakan Bendera Merah Putih ini akan dimulai Balaikota Bogor lalu menuju Lapangan Pusdikzi. Rute berikutnya menuju Jalan Sudirman, Kota Bogor. Memberikan nuansa berbeda, FMP ini memiliki 13 rangkaian sub event.

Kota Bogor akan semakin semarak dengan pemasangan ribuan bendera. Rangkaian FMP sendiri juga banyak dan dibuka mulai 11 Agustus. Sehari berikutnya, digelar pesta rakyat, Minggu (12/8). Yaitu berupa pawai seni budaya. Lokasinya memanjang berada di Jalan Sudirman hingga Taman Kencana. Helaran seni budaya ini melibatkan 5.000 peserta.