Ayo, Dukung Wisata Jawa Barat di Anugerah Pesona Indonesia 2018




Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 kembali digelar. Pemilihan tahun ini merupakan yang ketiga kalinya. Ada total 18 kategori yang dilombakan. Pada penyelenggaraan kompetisi pariwisata daerah ini terdapat kategori Wisata Olahraga & Petualangan, serta Wisata Air dan Ekowisata yang merupakan modifikasi dari beberapa kategori di tahun sebelumnya.

Selain itu, untuk pemilihan tahun ini ada penambahan tiga kategori baru, yaitu Wisata Halal, Wisata Kreatif, dan Cendera Mata. Kompetisi penghargaan ini bagus untuk memperkenalkan berbagai daerah yang belum terkenal. Juga menumbuhkan kembali kecintaan pada pariwisata daerahnya.

Selain kategori yang bertambah, kini masyarakat juga bisa mendukung (vote) wisata favoritnya melalui aplikasi API yang bisa diunduh gratis di Google Playstore. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi lengkap tentang kegiatan Anugerah Pesona Indonesia. Mulai dari kategori, nominasi, para juara tahun sebelumnya, hingga penjelasan singkat tentang tiap nominasi.

Masyarakat juga masih bisa mendukung menggunakan pesan singkat (SMS) berbayar ke 99386 dengan menggunakan format sesuai nominasi pilihan. Saat ini pemungutan suara telah dibuka sejak 1 Juni 2018 dan akan ditutup pada tanggal 31 Oktober 2018. Pengumuman juara Anugerah Pesona Indonesia 2018 akan dilakukan pada November 2018.

Teknis penilaian sendiri sebelum jadi nominasi, berbagai daerah mengajukan potensinya sesuai dengan kategori yang ada. Lalu kita kurasi oleh berbagai stakeholder, dari pemerintah pusat, pemda, ahli pariwisata, jurnalis senior, dan masyarakat. Dalam pemberian anugerah ini berjalan juga proses penta helix.

Bagi Anda warga Jawa Barat atau pencinta wisata di Jawa Barat, bisa mendukung aneka tempat wisata di Jawa Barat untuk memperoleh Anugerah Pesona Indonesia 2018.

PEMILIHAN MELALUI SMS:
Cara melakukan pemilihan (SMS Vote), kirim SMS sebanyak banyaknya untuk semua kategori. Contoh untuk memilih Geopark Ciletuh ketik API Spasi 17C kirim ke 99386 (untuk semua operator).

Untuk wisata Jawa Barat sendiri ada 7 Kategori sebagai berikut:

1. Kategori Makanan Tradisional terpopuler
Borondong Garing Kabupaten Bandung
Cara vote: Ketik API Spasi 1A

2. Kategori Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler
Paralayang Gunung Punteun Kabupaten majalengka
Cara vote:Ketik API Spasi 3F

3. Kategori Cendera Mata Terpopuler
Payung Geulis Kota Tasikmalaya
Cara vote: Ketik API Spasi 7D

4. Kategori Promosi Pariwisata Digital Terpopuler
Aplikasi Sampurasun Kabupaten Purwakarta
Cara vote: Ketik API Spasi 13A

5. Kategori Wisata Kreatif Terpopuler
Kawasan wisata Punclut Kabupaten Bandung Barat
Cara vote: Ketik API Sapsi 14D

6. Kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler 
Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi
Cara vote: Ketik API Spasi 17C

7. Kategori Surga tersembunyi Terpopuler
Leuwi Tonjong Kabupaten Garut
Cara vote: Ketik Spasi API 18E

PEMILIHAN MELALUI APLIKASI:
- Unduh aplikasi API di Google Playstore Atau App Store.
- Buka Dan Aktifkan Aplikasi API, Klik tombol Vote
- Pilih Kategori (1A/ 3F/ 7D/ 13A/ 14D/ 17C/ 18E). Pilih nominasi (1A/ 3F/ 7D/ 13A/ 14D/ 17C/ 18E)

Aplikasi Anugerah Pesona Indonesia Award 2018 UNDUH DI SINI

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS